35 Kata Kata R.A Kartini tentang Perjuangan dan Perempuan, Inspiratif!

  
Kata Kata R.A Kartini tentang Perjuangan dan Perempuan

Semua orang pelosok negeri ini pasti sudah tahu dengan Pahlawan wanita yang sudah berjuang untuk rakyat indonesia di masa penjajahan, ia adalah wanita terdidik dan cerdas bernama Raden ajeng Kartini. Setiap tahun tentu kita selalu mengenang sosok R.A Kartini , Tepatnya pada tanggal 21 April seluruh masyarakat indonesia memperingati sosk pejuang perempuan ini dengan peringatan Hari Kartini.

Beliau sangat berjasa untuk kesejahteraan kaum pribumi, terutama pada perannya dalam membawa perubahan terhadap kehidupan perempuan di indonesia yang menyuarakan keseteraan gender. Pada masa-masa itu memang perempuan tidak diharagai, dan tidak boleh mendapatkan pendidikan yang layak,  saat itu juga perempuan hanya dikenal sebagai pengurus rumah tangga dan suami.

Nah tugas dari R.A Kartini ini sangatlah berjasa beliau berjuang agar perempuan indonesia tidak banyak ditindas dan bisa disejajarkan derajatnya dengan laki-laki. Pemikiran-pemikiran dari beliau terus dikenang hingga saat ini, tak heran beliau  juga sering melontarkan kata-kata bijak nan inspiratif yang pernah ia ungkapkan.

Kata Kata Bijak dan Inspiratif dari R.A Kartini

Sudah tidak dipertanyakan lagi, beliau RA Kartini adalah sosok paling berpengaruh pada pembelaan kaum perempuan, walau sudah lama meninggal namun perjuangan dan keberaniaannya tidak luntur hingga sekarang, malah perempuan saat ini banyak yang menjadikan sosok R.A Kartini sebagai inspirasinya.

Dibawah ini kita akan mengatahui banyak kata-kata bijak yang pernah beliau lontarkan baik tentang kehidupan maupun perjuangan.

kata kata mutiara kartini
Tak ada awan di langit yang tetap selamanya. Tak mungkin akan terus-meneris terang cuacanya. Sehabis malam gelap gulita kemudian lahirlah pagi yang membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa dengan alam.
Agama memang bisa menjauhkan kita dari dosa, tetapi berapa banyaknya dosa yang sudah kita lakukan atas nama agama.
Alangkah besarnya perbedaan bagi masyarakat indonesia jika kaun perempuan dididik baik-baik. Hanya untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kamu dengan harapan yang lebih tinggi supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, Karena sebab itulah yang akan membawa kebahagiaan untuknya.
Bila ada bunga yang mati, maka akan ada banyak buah yang tumbuh. Demikian pula dengan hidup manusia bukan? Sebab ada angan-angan muda yang mati, kadang-kadang timbullah angan-angan yang lainnya, dan yang lebih sempurna.

Baca Juga:

Tidak peduli sebeberapa keras kamu mencoba, kamu tidak akan pernah bisa menyangkal apa yang telah kamu resakan. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tidak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.
Sebenarnya adat sopan-santun kami orang Jawa amatlah rumit. Adiku harus merangkak bila hendak lewat di hadapanku, Kalau adikku duduk di kuris saat aku lewat dihadapannya, maka haruslah segera ia turun dan duduk di tanah, dengan mendudukkan kepala, sampai aku tidak kelihatan lagi. Adik-adikku tidak boleh berkamu dan berengkau kepadaku.
Untukku hanya ada dua macam keningratan, yakni Keningratan pikiran dan keningratan budi. Tak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsiku daripada melihat orang-orang yang membanggakan asal keturunannya.
Agama yang paling indah dan paling suci adalah Kasih Sayang. Dan untuk bisa hidup menurut perintah leluhur ini, haruskah seorang mutlak menjadi Kristen, Budha, Brahma, Yahudi, Islam, bahkan orang yang kafir pun dapat hidup dengan kasih sayang yang murni.
Lebih banyak kita maklum, lebih kurang pula rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang kita, Maka tiada mendendam, itulah kebahagiaan.
Salah satu daripada cita-cita yang hendak aku sebarkan adalah : Hormatilah segala yang hidup, hak-haknya, perasaannya, baik tidak terpaksa-baikpun karena terpaksa, haruslah juga segan menyakiti makhluk lain, sedikitpun jangan sampai kau menyakitinya.
kata kata bijak kartini
Terkadang, kesulitan harus kau rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan sempurna datang padamu.
Teruslah bermimpi, teruslah kau bermimpi, bermimpilah selama kau dapat bermimpi. Bila tiada mimpi, apakah jadinya hidup ini, kehidupan yang sebenarnya sungguh kejam.
Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, Pemandangannya sudah diperluas, ia tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.
Dengan menolong diri sendiri, akan bisa menolong orang lain dengan lebih sempurna.
Peduli apa aku dengan segala tata cara ini. Segala peraturan, semua adalah bikinan manusia, dan menyiksa diriku saja. Kau tidak dapat membayangkan bagaimana rumitnya etiket di dunia Keningratan Jawa. -Surat Kartini kepada Stella (18 Agustus 1899)
Tidak peduli seberapa keras kamu telah mencoba, Kamu tidak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasakan. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tidak ada alasan bagianya untuk mencari orang lain yang lebih baik dari dirimu.
Saat membicarakan orang lain, Kamu boleh menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu itu bumbu yang baik.
Ikhtiar!, Berjuanglah untuk membebaskan diri. Jika kamu sudah bebas karena ikhtiarmu, barulah kamu dapat menolong orang lain.
Tetapi saat ini, kami tidak mencari penglipur hati pada manusia, Kami berpegangan teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita akan menjadi terang, dan angin ribut akan menjadi sepoi-sepoi.
quotes bijak dari ra kartini
Tak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain membuat senyum di wajah orang lain, terutama wajah orang yang kita cintai.
Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti ada dua orang yang berhenti untuk saling menicntai. Mereka hanya berhenti untuk saling menyakiti saja.
Tahukan kamu semboyanku? Aku mau!. dua patah kata yang ringkas ini sudah beberapa kali mendukung dan membawaku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Jika kata "Aku tidak dapat" akan melenyapkan rasa berani. dan kalimat "Aku mau!" akan membuat kamu mudah mendaki puncak gunung.
jangan pernah menyerah jika kamu ingin terus mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena selangkah lagi kamu akan menang.
Adakah yang lebih hina, daripada bergantung pada orang lain?
Sekarang kehidupan saya akan menjadi bagus dan kaya atau miskin dan kering, itu hanya tergantung pada saya.
kata kata ra kartini
Banyak hal yang dapat menjatuhkanmu. Tetapi satu-satunya hal yang benar-benar bisa menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
Jangan pernah menyerah jika kamu ingin terus mencoba. jangan membiarkan penyesalanmu datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang pada hidupmu. Tuhan tidak pernah memberikannya, Sesungguhnya kamulah yang membiarkannya datang.
Terkadang kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaa yang sempurna akan datang pada dirimu.
Orang-orang kebayakaan meniru kebiasaan orang baik-baik. dan Orang baik-baik itu meniru perbuatan orang yang lebih tinggi lagi, dan mereka kemudian meniru yang tertinggi pula ialah orang Eropa. -Surat kepada Stella (25 mei 1899)

 

💬 Kata Bijak lainnya :

 

Kesimpulan

Dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, sosoknya begitu dikenang hingga saat ini tak heran setiap tanggal 21 April kita selalu memperingati yang namanya Hari kartini dimana hari ini semua perempuan diindonesia menghormati perjuangan dari R.A Kartini yang telah mewujudkan kesetaraan kesempataan antara kaum laki-laki dengan perempuan.

Mau laki-laki atau perempuan kita semua sama lahir dan besar di tanah pertiwi, tak ada perbedaan dalam pemenuahan hal dan kewajiban setiap gendernya. Begitu saja akhir dari artikel kali ini, Semoga bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi yang berharga untuk kalian semua. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "35 Kata Kata R.A Kartini tentang Perjuangan dan Perempuan, Inspiratif!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel