9 Daftar Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang Sangat Inspiratif






daftar pahlawan kemerdekaan indonesia inspiratif

Sebagai generasi muda yang menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan adakalanya kita mengingat kembali siapa tokoh-tokoh kemerdekaan indonesia yang telah berjuang untuk bangsa ini.

Melalui tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan, simbol mengenai perjuangan dan pengorbanan terus diwariskan kepada para generasi penerus bangsa, diharapkan generasi muda ini bukan hanya menikmati saja, kita juga harus terus berjuang untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemerdekaan Indonesia yang saat ini kita nikmati tentu tidak bisa terlepas dari perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah pada saat itu. Atas jasa-jasanya, para pahlawan ini patut untuk dikenang apalagi untuk generasi anak muda.

Nah untuk mengenang jasa para tokoh kemerdekaan indonesia, mari kita ketahui bagaimana para pahlawan di bawah ini berjuang dan berkorban untuk Indonesia yang lebih maju yakni untuk satu tujuan yaitu "Kemerdekaan".

Daftar 9 Tokoh Inspiratif Kemerdekaan Indonesia

Sejarah tidak untuk dilupakan, mereka yang berjuang akan selalu dikenang!. Mengetahui berbagai hal tentang sejarah indonesia terutama jasa para pahlawan adalah bentuk rasa cinta dan nasionalisme kita untuk menghormati mereka yang telah berkorban untuk bangsa ini, Yuk simak daftar para pahlawan kemerdekaan berikut ini!

1. Ir. Soekarno (1901-1970)

"Berikan aku seribu orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." - Ir. Soekarno

pahlawan indonesia inspiratif

Satu indonesia saya yakin semua mengenal tokoh pahlawan kali ini, Ir. Soekarno adalah presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus sebagai sosok penting dibalik kemerdekaan bangsa ini, dimana menjadi pembaca sekaligus salah satu perumus teks proklamasi kemerdekaan, pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pancasila sebagai dasar negara ini juga atas cetusan pemikiran dari Ir. Soekarno. Banyak sekali jasa dan perjuangan beliau sebagai proklamator, semasa hidupnya Soekarno banyak melewati jatuh bangun dalam membangun negara ini.

Kegigihan Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia menjadi inspirasi bagi generasi muda sekarang. Maka patut untuk kita selalu mengenang jasanya sebagai pahlawan NKRI.

2. Mohammad Hatta (1902-1980)

"Pahlawan yang setia itu berkorban, Bukan untuk dikenal, tetapi semata-mata untuk membela cita-citanya." - Moh. Hatta

pahlawan indonesia inspiratif

Sosok pahlawan berikutnya dalam kemerdekaan indonesia adalah Mohammad Hatta, yhap mungkin sebagian dari kalian juga sudah mengenal beliau sebagai Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.

Moh. Hatta telah memiliki semangat patriotisme sejak muda. Mohammad Hatta muda banyak aktif mengikuti organisasi pergerakan nasional, Puncaknya tentu mendampingi Ir. Soekarno untuk memimpin bangsa ini pada saat itu.

Beliau juga memiliki tanggung jawab sebagai ketua delegasi untuk konferensi Meja Bundar di Belanda pada tahun 1949. Moh. Hatta bersama beberapa tim delegasi lainnya bersama-sama berjuang agar indonesia mendapatkan pengakuan dunia atas kemerdekaannya.

Nah jadi kita bisa tahu ya, bagaimana Mohammad Hatta sangat berperan juga dalam Kemerdekaan Indonesia saat ini.


Kata-Kata Tokoh Lainnya:


3. Jenderal Soedirman (1916 - 1950)

"Lebih baik di bom atom! daripada tidak merdeka 100%" - Jenderal Soedirman

pahlawan kemerdekaan inspiratif

Nama pahlawan nasional berikutnya yang juga sangat inspiratif sekali adalah Jenderal Besar TNI Raden Soedirman. 

Beliau adalah salah satu pahlawan yang berasal dari Purbalingga, Jawa tengah. Soedirman tidak cuman tercatat sebagai Pangilma Tentara dan Jenderal Republik Indonesia Pertama saja, tetapi juga menjadi yang termuda dalam sejarah.

Jenderal Soedirman adalah seseorang yang tak perlu diragukan lagi integritas dan kemampuannya, ia merupakan pejuang yang sangat tangguh, pemberani, rela berkorban, loyal, dan sangat menjunjung tinggi terhadap kepentingan bangsa dan negara.

Di usianya yang ke 31 tahun, Jenderal Soedirman diangkat menjadi jenderal dan panglima termuda pertama dalam angkatan perang TNI.

Bentuk perjuangan lainnya yang kita bisa pelajari dari beliau adalah serangan gerilya kepada penjajah Belanda pada saat itu, Walaupun dalam kondisi menderita penyakit paru-paru yang parah, namun tekad dan semangat beliau tidak mencegahnya untuk terus berperang.

4. Pangeran Diponegoro (1785 - 1855)

"Hidup dan mati ada dalam genggaman ilahi. Takdir adalah kepastian, tetapi hidup harus terus berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat." - Pangeran Diponegoro

pahlawan indonesia inspiratif

Pangeran Diponegoro adalah nama pahlawan nasional yang berasal dari Yogyakarta, beliau berperan besar dalam memimpin Perang Jawa yang terjadi dalam kurun waktu lima tahun pada saat itu, tepatnya 1825 hingga 1830.

Perang ini pecah hampir di seluruh daerah Pulau Jawa, dan merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah perjuangan Indonesia melawan Belanda.

Walaupun berakhir dengan kemenangan Belanda, Pangeran Diponegoro sempat membuat Belanda mengalami kesulitan dan kerugian akibat gugurnya ribuan serdadu mereka di medan perang.

5. Bung Tomo (1920 - 1981)

"Kita Tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang benar-benar ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak Merdeka!" - Bung Tomo

pahlawan inspiratif indonesia

Sutomo atau Bung Tomo adalah salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Surabaya. Bung tomo dikenal saat aksi heroiknya ketika membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo dalam melawan kembali tentara Nederlandsch Indie Civil Administratie (NICA) Belanda pada pertempuran 10 November di Surabaya.

Bung Tomo juga menjadi seorang jurnalis asal Surabaya yang dikenal dengan semboyan "Merdeka atau Mati!" dalam pertempuran berdarah di Surabaya pada saat itu. 

🔔Baca juga : 35 Kata-kata para Pahlawan Nasional yang Bangkitkan Semangat

6. Kapitan Pattimura (1783 - 1817)

"Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan tetapi kelak nanti Pattimura-Pattimura muda akan bangkir" - Kapitan Pattimura

pahlawan kemerdekaan indonesia

Thomas Matulessy atau Kapitan Pattimura adalah panglima perang yang berasal dari maluku, dalam sejarahnya ia bersama dengan rakyat maluku memperjuangkan tanah kelahirannya dari tentara VOC Belanda.

Salah satu pertempuran terbesar yang pernah dipimpinnya adalah ketika rakyat Maluku bersama-sama bersatu merebut Benteng Duurstede dari tangan penjajah Belanda.

Kapitan Pattimura adalah seorang pemimpin yang sangat berwibawa dan penuh kharisma. Dalam perlawanannya melawan penjajah, Pattimura dikenal sebagai pahlawan yang cerdik dan mampu menghimpun kekuatan besar rakyat Maluku.

7. Sultan Hasanuddin (1631 - 1670)

"Ayam jantan dari Timur" - Sultan Hasanuddin

pahlawan kemerdekaan indonesia

Berikutnya untuk pahlawan nasional kemerdekaan indonesia berikutnya berasal dari wilayah Timur Nusantara. Sultan Hasanuddin dijuluki juga sebagai Si Ayam Jantan karena keberanian dan kegigihannya melawan penjajah.

Hal ini dibuktikan pada sejarahnya dimana Sultan Hasanuddin berusaha untuk mempertahankan wilayah dan rakyatnya walaupun Belanda sudah memiliki kekuatan penuh pada saat itu. Pertempuran pun tidak bisa dielakkan, Sultan Hasanuddin bersama para pasukannya tetap teguh pada pendiriannya untuk tidak menyerah pada Belanda.

Perjuangan Sultan Hasanuddin dalam melawan penjajah begitu luar biasa, tidak heran sikap kepahlawanannya bisa kita teladani dan dijadikan sebagai inspirasi.

8. Cut Nyak Dhien (1848 - 1908)

"Kita tidak akan menang jika kita masih terus mengingat semua kekalahan" - Cut Nyak Dhien

pahlawan kemerdekaan indonesia

Pahlawan indonesia tidak hanya laki-laki, tetapi juga banyak perempuan-perempuan hebat yang ingin memperjuangkan Tanah Air ini. Salah satunya adalah Cut Nyak Dien pahlawan nasional perempuan yang berasal dari Aceh. 

Riwayat hidup Cut Nyak dien dimulai ketika ia bersama dengan Suami pertamanya Teuku Ibrahim harus dihadapkan dikondisi peperangan untuk berjuang melawan kolonial Belanda.

Teuku Ibrahim sering kali meninggalkannya dan anak-anaknya untuk melakukan tugas mulia yakni berjuan melawan penjajah. Namun kabar duka menimpa Cut Nyak Dien pada 29 Juni 1878, saat itu Teuku Ibrahim wafat. 

Setelah kematian suaminya, Cut nyak Dien sangat terpuruk. Namun dari kejadian tersebut tidak membuatnya untuk putus asa dan menyerah, justru sebaliknya hal itulah yang membuat Cut Nyak Dien melanjutkan perjuangan sosok suaminya untuk berjuang melawan penjajah.

Selepas kematian suami pertamanya Teuku Ibrahim, Cut Nyak Dien kembali menikah dengan Teuku Umar, seorang tokoh pejuang dari Aceh. Tidak hanya diikatkan pada tali pernikahan saja, namun keduanya juga bersatu untuk melawan penjajah. 

9. R.A Kartini (1879 - 1904)

"Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya." - RA Kartini

pahlawan kemerdekaan indonesia

Pahlawan nasional perempuan indonesia lainnya berikutnya yang pasti kalian semua sudah tahu, siapa lagi kalau bukan Raden Adjeng Kartin. Beliau adalah salah satu tokoh besar dibalik jasanya dalam memperjuangkan kesetaraan hak kaum perempuan semasa hidupnya. 

Latar belakang bangsawan tak lantas membuatnya tunduk kepada para penguasa pada saat itu, Kartini justru dinilai telah mempelopori bangkitnya perempuan pribumi dengan pemikirannya yang lebih moderat dan cerdas.

Perjuangan emansipasi perempuan yang dilakukan RA Kartini ini tak lain adalah untuk memperoleh kebebasan, otonomi, persamaan dalam mendapatkan pendidikan dan pengajaran, serta persamaan hukum sebagai bagian gerakan yang lebih luas.

Ia juga menceritakan kisah pengalaman tentang betapa nestapanya jika perempuan harus terkurung di dalam rumah dna tidak diperbolehkan mengetahui kondisi dunia luar. Dahulu, perempuan selalu dicap sebagai objek yang hanya berada di dapur, kasur, dan sumur.

tetapi lewat perjuangannya RA Kartini mencoba untuk membangkitkan para perempuan indonesia untuk juga berjuang dan memperoleh kebebasan dan punya kesempatan yang setara dengan para laki-laki.

💬 Baca Juga : 35 Kata Kata R.A Kartini tentang Perjuangan dan Perempuan, Inspiratif!

Itulah beberapa daftar tokoh pahlawan kemerdekaan yang mungkin telah kita tahu namanya, Jasa dan Pengorbanan mereka tidak untuk dilupakan tetapi harus kita jadikan inspirasi dan teladan untuk berjuang.

Tidak lagi melawan penjajah, saat ini kita harus melawan diri sendiri untuk bisa terus maju dan bersaing. Kita buktikan kalau kita adalah generasi muda yang bisa meneruskan pesan dari para pahlawan kemerdekaan kita sebelumnya untuk masa depan indonesia yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "9 Daftar Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang Sangat Inspiratif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel