8 Tips agar kamu tetap Produktif dan Kreatif di Masa new normal

tips produktif saat pandemi

Pademi virus corona (Covid-19) begitu mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, sangat berbeda seperti hari-hari sebelum menyebarnya virus corona ini. Ketika virus ini dinyatakan sebagai Pandemi Global, kita semua diwajibkan untuk mengikuti dan menaati protokol kesehatan supaya tidak tertular virus Covid-19.

Seperti upaya pemerintah dengan menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar atau PSBB pada saat itu dan menyebebabkan penutupan tempat-tempat umum untuk jangka waktu yang signifikan, dan memaksa orang untuk tinggal dirumah saja. Hal ini juga sama dengan PPKM Darurat yang diterapkan di Jawa dan bali pada 3 Juli lalu dan akan terus di perpanjang jika kondisi masih belum terkendali.

Mungkin Sebagaian orang, tinggal di rumah selama pandemi ini adalah kutukan yang memaksa kita untuk mengehentikan segala aktivitas diluar. Namun bagi beberapa orang juga, justru waktu di rumah menjadi kesempatan untuknya agar bisa mengeksplorasi kreativitas dan keterampilannya.


Tantangan Produktivitas untuk penuhi Kreativitas di Masa New Normal

Adalah hal yang wajar bila pandemi ini membuat sebagaian menjadi terbatas, Maka kita tidak bisa menggunakan waktu di rumah ini dengan hanya berdiam diri saja, kita perlu mengalihkan perhatian dengan beraktivitas, salah satunya adalah tetap produktif bekerja ataupun belajar.

Jadi untuk tetap produktif di masa pandemi adalah hal yang sangat penting, dan lumrah untuk dilakukan, Karena hal tersebut dapat membantu agar bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik dan sebijak mungkin, entah itu menghasilkan karya, menambah skill, atau lain sebagainya.

Nah disini saya akan membagikan tips agar kamu tetap bisa Produktif di rumah walau dalam kondisi WFH seperti saat ini. 

1. Buatlah Jadwal Harian (to-do-list)

tips produktif saat covid-19
pexels @breakingpic

Saat kita mulai terbiasa dengan Work From Home tentu segala aktivitas kita tidak pernah terkendali ketika bekerja di rumah, segala aktivitas kita menjadi tidak teratur. Nah cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan menerapkan jadwal harian atau to-do-list, dimana setiap aktivitas yang kamu lakukan bisa kamu rencanakan alhasil ini menjadi lebih teratur dan meningkatkan produktivitas kita.

Jadi nih, To-do-list bertujuan untuk membantu kamu dalam memulai tugas harian terutama ketika memulai hari baru, terkadang di pagi hari kamu lebih cenderung menunda-nunda jika tidak ada hal yang perlu di selesaikan, inilah yang membuat jadwal harian menjadi penting.

Metode produktivitas ini mulai dikenal sejak awal abad ke-20, mereka menciptakannya sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas, Hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa riset dan pembuktian.

Menurut Psikolog dan penulis Dr David Cohen menempatkan tiga alasan mengapa daftar tugas sangat bermanfaat : yakni Mengurangi kecemasan tentang kekacauan hidup setiap harinya, Memberi kita sebuah struktur, dan sebuah rencana yang dapat kita pertahankan agar bisa menjadi produktif.

Tips saya tulislah setiap daftar tugas, sebelum kamu tidur di malam harinya. Agar apa? faktanya membuat daftar tugas sebelum istirahat di malam hari bisa mengurangi waktu kamu di pagi harinya, sehingga saat kamu bangun dan bersiap-siap memulai hari, yang perlu kamu lakukan hanyalah melihat dan mengerjakan satu persatu tugas yang sudah kamu buat.

2. Kerjakan Tugas yang paling Berat terlebih dulu

tips produktif saat korona
pexels @rodnae-prod

Ketika daftar tugas sudah dibuat, pasti kita memiliki satu atau lebih tugas yang menurut kita berat dan kita takuti. Mungkin seperti membuat postingan blog, membuat konten Youtube, atau lain sebagainya yang kamu tunda karena kamu tidak tahu bagaimana memulainya.

Apa pun itu seberat apapun atau sesulit apapun tugas itu, kerjakan lah terlebih dahulu. Kamu tidak bisa terus mengalihkan perhatian ke tugas yang lebih mudah, dan mengulur waktu untuk menyelesaikan tugas yang sulit.

Seperti kata Tim Lockie (President of Now IT Matters) mengatakan :

"Saya memiliki buku catatan yang saya gunakan dimana saya bisa mendokumentasikan 3 hal terbesar yang harus saya capai pada hari itu. Saya mulai dengan tugas yang paling sulit terlebih dahulu, ada ungkapan 'makan kodok besar di pagi hari'. Saya mencoba menyelesaikan terlebih dahulu dan membangun momentum terbaik untuk hari saya."

Jadi alih-alih kamu mengerjakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu, sebaiknya di pagi hari atau saat kamu memulai hari lakukan dan kerjakan tugas tersebut, buatlah rentang waktu untuk menyelesaikannya jika pun tidak selesai tidak apa-apa, Setidaknya kamu sudah bisa memulainya. Apapun itu lakukan saja!.

3. Matikan segala Gangguan

tips produktif saat pandemi covid
pexels @olly

Salah satu pembunuh produktivitas utama adalah Gangguan atau discration. Teknologi yang semakin berkembang saat ini seharunya membuat hidup kita menjadi lebih mudah dan lebih baik, Namun kenyataannya tidak semua begitu.

Ketika kamu memiliki tugas yang penting dan membutuhkan perhatian serta fokus, maka sebisa mungkin ciptakan suasana yang bisa menenagkan semua pikiran sehingga tidak menganggu produktivitas.

Kalau mungkin salah satu Gangguanmu ada di ponsel atau notifikasi, maka usahakan matikan semua notifikasi tersebut sehingga ketika ada sesuatu kamu tidak akan teralihkan ke hal lain.

4. Buatlah waktu Istirahat

tips produktif saat pandemi
pexels @-rahulshah-

Mau produktif bagaimanapun, tetap saja hal itu menguras banyak energi dan pikiran maka Istirahat adalah sesuatu yang penting dan seharunya menjadi waktu khusus untuk mengistirahatkan semuanya.

Nah saran terbaik yang bisa kamu lakukan ketika sedang WFH di tengah padatnya tugas dan kerjaan, kamu bisa menerapkan teknik Pomodoro untuk mengurangi kelelahan dan mengembalikan mood bekerja. 

Jadi teknik ini bisa kamu mulai dengan 25 menit bekerja, dan kemudian istirahat sejenak (3-5 menit), setelah itu ulangi sesi tersebut sampai empat kali, dan mulailah beristirahat dalam waktu yang lebih lama. Kemudian kamu bisa mengulangi teknik pomodoro ini dari awal.

Lalu apa yang seharusnya saya lakukan ketika Waktu Istirahat tiba? Karena waktu istirahat ini adalah waktu terbaik untuk memulihkan energi dan pikiran, sebaiknya manfaatkanlah waktu ini sebaik mungkin. Contoh yang saya sering lakukan adalah beranjak dari meja kerja dan meninggalkan ruangan untuk menghirup udara, atau saya juga bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca buku meski hanya beberapa halamanan, selain saya mengistirahatkan semua itu saya juga berusaha sebisa mungkin untuk tidak terus memaksa mata saya menantap layar sampai berjam-jam.

5. Kelola Waktu dengan Efektif

tips produktif saat pandemi
pexels @jeshoots-com-

Seorang konsultan strategi pembelajran pernah mengatakan bahwa tidak ada yang namanya waktu luang, yang ada hasahanyalah waktu yang tidak terstruktur.

Jadi menurut saya waktu kita 24 jam selama satu hari semua sama, tidak ada yang namanya waktu gabut atau free time, atau ngga ada waktu misal buat hal-hal yang bermanfaat, hal itu sebenarnya bukanlah tentang "waktu luang" saja, namun waktu kamu tidak bisa kamu kelola dengan efektif, waktu kamu hanya tidak terstruktur.

Mungkin kamu untuk mengetahui apakah setiap waktu yang kamu kelola sudah efektif atau belum, saya ada dua saran atau cara yang mungkin bisa kamu terapkan.

Kesatu, kamu bisa mencatat hal apa saja yang kamu lakukan dari bangun tidur sampai tidur kembali, selama 1 minggu. Dan setelah seminggu lihatlah, dan renungkan. Apakah kamu sudah pintar dalam memanfaatkan waktu?

Kedua, saya sarankan kamu menggunakan bantuan aplikasi RescueTime. Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat kapan kamu memiliki waktu luang, kapan kamu produktif, dan kapan kamu benar-benar membuang waktu. Jadi dengan data yang kamu dapatkan dari aplikasii ini kamu bisa merencanakan hari-hari selanjutnya agar lebih baik lagi.


Langkah Kreativitas untuk Mengisi waktumu ketika WFH

Nah tantangan produktivitas saat WFH ini menuntut kita untuk memenuhi kreativitas agar tetap maju dan tidak ketinggalan, mengapa? sebab waktu di rumah bukan melulu soal kerja-kerja-dan kerjaa, faktanya banyak juga orang-orang di luar sana yang memanfaatkan waktu ini sebagai waktu emas untuk meningkatkan kreativitasnya, seperti contoh mengupgrade skill yang mereka punya.

Ya initinya, kita tidak bisa membiarkan setiap waktu yang ada hanya untuk hal yang mungkin kurang berkualitas.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, tentang cara produktif di rumah. Namun di sisi lain, Produktivitas hanyalah tentang menggerakan roda (ini berfokus pada menyelesaikan sesuatu dan mencapai tujuan dengan cara yang paling efektif dalam waktu yang paling sedikit).

Oke-oke mungkin kamu sampai sini binggung, baik mungkin kamu kreatif dan memiliki ide-ide baru yang luar biasa, namun itu mungkin tanpa produktivitas, ide-ide itu hanyalah ide. Demikian pula, jika kamu produktif dalam pekerjaan namun kamu tidak memiliki kreativitas dalam proses tersebut.

Jadi dibawah ini saya akan memberikan beberapa kiat yang bisa kamu lakukan agar bisa memenuhi kreativitas ketika WFH, nah apa saja yang mungkin bisa kamu lakukan? berikut ulasannya.

1. Jangan lupa Olahraga!

tips kreatif di masa new normal
pexels @karolina-grabowska

Saya sangat menyarankan kamu memasukkan kegiatan olahraga (apapun) kedalam to-do-list yang sebelumnya sudah kamu buat. Saya juga bisa mengatakan bahwa Olahraga adalah aktivitas fisik yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, apalagi disaat pandemi covid-19 seperti saat ini.

Menurut riset International Journal of Cardiovascular Science, Olahraga atau aktivitas fisik, apalagi pada intensitas atau durasi sedang dapat memberikan respon pada imun dan meningkatkan daya tahan tubuh manusia dan memlindungi dari penyakit. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa olahraga dapat mencegah gangguan mental yang dialami oleh sebagaian oleh orang karena stress pada situasi pandemi ini.

Jadi luangkan lah waktu setidaknya 15 menit untuk berolahraga, apapun itu. Olahraga juga tidak harus keluar rumah, ada banyak teknik Workout at home yang bisa juga berguna untuk memenuhi waktu olahraga mu agar bisa lebih sehat.

2. Asah minat dan bakatmu

tips kreatif saat pandemi korona
pexels @cottonbro

Mengasah minat dan juga bakat ini sungguh penting, sebab waktu yang terus berkepanjangan di rumah menuntut kita untuk terus maju dan tidak stuck di tempat itu saja. Jangan mentang-mentang kamu punya bakat ini, kamu nyaman dan tidak mau bergerak lagi. Sebab peluang dan kesempatan di masa pandemi seperti ini, banyak.

Misal jika kamu suka menulis, kamu bisa mengasah bakat tersebut untuk mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan menulis dan yang bisa menghasilkan tentunya, seperti membuat blog, mengerjakan freelance, atau apapun.

Selanjutnya jika ada waktu luang, kamu bisa menggunakannya untuk menambah skill yang kamu sukai. Misal kamu jago nih programming, dan kamu bisa bahasa Javascript. Oke kamu udah suka, namun jangan stuck di satu bahasa itu aja, kamu bisa upgrade ke bahasa lain, misal PHP, Python, atau lain sebagainya. 

Intinya waktu di rumah ini bukan belengu buat kamu, ini waktu emas yang bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin dan sebijak mungkin agar menghasilkan sesuatu.

3. Mencari Kerja sampingan atau Freelance

tips kreatif saat korona
pexels @hiteshchoudhary

Jika kamu memiliki satu skill atau bakat yang kamu kuasai jangan hanya gunakan hal tersebut untuk pekerjaan di kantormu saja, kamu bisa saja menggunakan hal tersebut untuk mencari cuan tambahan di platform digital yang banyak kita temui.

Jangan sangka lo, di jaman yang maju ini apapun  bisa kita lakukan. Salah satunya, cari duit. Asal kamu punya skill, orang pasti akan mencari mu, atau ketika kamu menawarkan skill ke orang, bisa jadi itu adalah kesempatan emas yang bisa kamu dapatkan.

Banyak kok sekarang platform-platform freelance gratis yang bisa menampung skill yang kamu miliki, intinya jangan puas dan jangan terus di Zona nyaman. Buatlah sesautu yang berbeda dan pengalaman yang berbeda juga.


Kesimpulan

Dan kesimpulan yang bisa saya dapatkan adalah, walau kita sedang melewati masa-masa yang sulit. Pandemi covid ini sebetulnya memberikan kita pelajaran yang sangaatt berharga, salah satunya adalah tantangan produktivitas yang menunut kita untuk terus maju dan kreatif agar tidak ketinggalan dengan yang lainnya.

Sebab kalau kamu tidak bergerak dan tidak kreatif, kesempatan kamu untuk maju akan hilang. Saat kamu males-malesan dan rebahan, kamu tidak akan tahu di luar sana banyak orang yang memanfaatkan waktu luang mereka di rumah untuk hal-hal yang lebih berguna seperti meningkatkan kreativitas mereka.

Nah begitulah, pembahasan tentang Tantangan produktivitas untuk penuhi kreativitas yang bisa kamu baca. Semoga bisa diambil manfaat yang ada, terimaksih sudah membaca.

👋Info Penting!

Untuk kamu yang suka membaca berita seputar teknologi terkini dan tidak mau ketinggalan tentang info-info menarik, Nah portal berita SundaXploit bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Tunggu apa lagi yuk, kita sama-sama memajukan indonesia dengan membaca konten-konten yang bijak dan menginspirasi! dengan adanya Platform digital seperti SundaXploit kita bisa mengetahui banyak info-info menarik, mari #BanggaBersamaSundaXploit dalam perjalanan penuh arti dan makna #1tahunSundaXploit.

5 Responses to "8 Tips agar kamu tetap Produktif dan Kreatif di Masa new normal"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel