30 Kata Kata Bijak Ali bin Abi Thalib untuk Nasihat Hidup

kata kata bijak ali bin abi thalib

Ali bin Abi Thalib adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW yang  terkenal dengan kata-kata bijaknya yang sangat lekat sekali dengan kehidupan umat islam. Selain itu beliau juga seorang khalifah pemimpin umat islam pada tahun 656 masehi sampai 661 masehi.

Beliau menggantikan tiga khalifah sepeninggal Nabi Muhammad SAW, dia adalah Abu Bakar, Umar, dan Utsman bin Affan. Sebagai seorang pemimpin Ali adalah sosok yang dikenal adil, berwibawa, dan dapat memberikan contoh untuk rakyat dan umatnya. Gaya hidup beliau bahkan banyak menjadi teladan untuk umat islam sampai sekarang.

Ada banyak sekali nasehat dan kutipan motivasi yang beliau pernah katakan, dan kumpulan kata-kata dibawah ini sangat erat sekali dengan kehidupan di dunia ini. Semoga dengan kalian membacanya, dapat membukakan hati dan pikiran agar lebih bijak lagi menjalani hidup yang penuh arti.

Oke tidak usah berlama-lama berikut ini adalah Kumpulan Kata-Kata bijak Ali Bin Abi Thalib.


1. Harapan kepada manusia

kata kata ali bin abi thalib tentang harapan
Aku sudah pernah merasakan segala kepahitan dalam kehidupan dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia.

Kepahitan atau ketidak baikan banyak kita temui dan lewati ketika kita sedang berproses untuk menggapai sesuatu, tidak mungkin jalan menuju kebaikan semulus jalan tanpa kerikil, pasti ada saja kerikil yang mencoba menjatuhkan perjuangan kita.

Begitupun ketika kita berharap kepada seseorang, jika hanya berharap saja pasti ujung-ujungnya juga akan sakit sebab yang benar adalah berharap dan memperjuangkan kemudian mempertahankan, itulah seni dalam sebuah hubungan.


2. Jaga perkataan dan berkaca

Janganlah kamu mengucapkan kata yang kamu sendiri tidak suka ketika mendengarkannnya jikapun orang lain mengucapkannya kepadamu.

Kadang kita sering salah dan egois ketika ada seseorang yang mengatakan sesuatu kepada kita, padahal kita tahu apa maksud dan tujuan dari pekataan tersebut. dan jangan mengambil kesimpulan sedangkal orang berpikir.

Berkacalah ketika kamu tidak menyukai sesuatu yang sebenarnya kamu tidak sukai ketika orang lain melakukan hal tersebut. Seperti perkataan, ia adalah harimau, maka jagalan setiap kata yang terucap.


3. Kekuatan sebuah cinta

Jika kamu sedang bahagia dan teringat pada seseorang artinya kamu mencintai orang itu, dan jika kamu sedang sedih kemudian teringat pada seseorang artinya orang itu mencintai kamu.

Hidup ini tidak selamanya bahagia terus, adakalanya kita juga pernah bersedih. Rasa bahagia dan sedih ini memberikan makna sendiri.

Mungkin kamu binggung dengan kata ali bin abi thalib diatas, Nah makn dari quotes diatas sebenarnya sangat dalam. Coba ingatlah ketika kamu sedang bahagia kamu pasti akan teringat kepada seorang yang spesial dan memberitahu pada dirinya kabar bahagia tersebut. Namun ketika kamu bersedih, kamu akan teringat pada seseorang yang dulu telah menolongmu atau ada disampingmu dikala kamu bersedih, maka artinya orang itu mencintai kamu.

❤ Tentang Cinta : 85 Koleksi Kata Mutiara Cinta islami untuk Kekasih, Sahabat, dan Orang tua


4. Arti dari Kesabaran

Kesabaran itu ada macam : Sabar kepada sesuatu yang tidak kamu inginkan, dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kamu inginkan.

Kadang kesabaran selalu muncul dalam hidup kita, seperti quotes dari Ali bin Abi Thalib bahwa sabar ada dua macam contohnya.

Satu adalah sabar pada sesuatu hal yang tidak kamu inginkan, contoh ketika sedang mengalami kegagagalan maka kesabaran adalah senjatanya. Dan yang kedua adalah sabar pada suatu hal yang ingin sekali kamu miliki, contoh ketika kamu ingin membeli rumah maka sabar adalah cara yang bisa kamu lakukan, untuk meunggu uang terkumpul dan membelikannya.


5. Tak perlu Membuktikannya

kata kata bijak ali bin abi thalib
Jangan menjelaskan tentang dirimu pada siapapun, karena orang yang menyukaimu tak membutuhkan itu. Dan orang yang membencimu tidak mempercayai itu.

Kadang kita sering menunjukkan sesuatu tentang diri kita kepada seseorang, entah itu hanya untuk memberitahunya atau sekedar untuk membuktikannya.

Coba banyangkan ketika kamu menjelaskan sesuatu pada orang yang menyukainmu, maka mereka tidak membutuhkan itu, sebab mereka sendiri tahu sifat dan karakter aslimu. Sedangkan orang yang membencimu, mereka tidak akan mempercayai sama sekali perkataan yang keluar dari mulutmu, sebab dasarnya mereka sudah memiliki pikiran negatif pada dirimu.


6. Jangan pernah Memfitnah

Siapapun yang menyalakan api fitnah, maka dia sendirilah yang akan menjadi bahan bakarnya.

Katakanlah dengan sejujur-jujurnya ketika kamu berkata dan menjelaskan, sebab jika kamu sudah melakukan fitnah kepada sesuatu, tidak akan lama pasti fitnah itu akan terbongkar seiring waktu.

Quotes diatas, mengibaratkan bahwa fitnah seperti api yang menyala dengan bahan bakar. Dan Bahan bakar tersebut diibaratkan seseorang yang melakukan fitnah, tidak akan lama pasti bahan bakar akan habis dan apa yang sebenarnya terjadi akan terungkap.


7. Jangan pernah Menyerah

Angin tak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, tetapi ia menguji kekuatan akarnya.

Kita tahu sendiri mau sekencang apapun angin dan sebesar apapun ia menghantamnya walau pohon ukurannya kecil, ia tidak akan tumbang jika akar yang menompangnya sudah kuat dan kokoh.

Ini bisa diibaratkan sebagai kehidupan manusia jika sedang mengalami kegagalan, mau sebanyak apapun masalah, ujian, dan cobaan yang mencoba menjatuhkanmu, asal kamu punya jiwa, semangat, dan tekad yang kuat pasti kamu tidak akan menyerah sampai dijalan, dan kamu akan menlanjutkannya sampai akhir.

🔥Quotes lainnya : 50 Kata Kata Motivasi diri sendiri yang akan menambah Semangatmu


8. Sabarlah maka Masalah akan Selesai

Ketahuilah bahwa kesabaran, jika dilihat dalam permasalahan seseorang ia ibarat kepala dari sebuah tubuh. Jika kepalanya hilang, maka keseluruhan tubuhnya pun akan membusuk. Sama halnya, ketika kesabaran itu hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.

Bersabarlah maka permasalahan akan selesai, dan jangan hanya bersabar saja melainkan kamu juga harus perjuang dan berdoa. Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan jika suatu permasalahan tidak dilandasai dengan kesabaran didalamnya, maka permasalahan itu akan rusak atau tidak akan selesai.

Ini diibaratkan layaknya manusia ataupun makhluk hidup jika kepalanya sudah hilang, walaupun itu hanya satu bagian saja. kehilangan itu akan menimbulkan kebusukan di anggota tubuh lainnya.


9. Doakan dia yang kamu Cintai

Jangan pernah berhenti berdoa untuk hal yang terbaik bagi seseorang yang kamu cintai.

Berdoa adalah senjata paling ampuh seseorang, barangsiapa yang berdoa maka Allah akan mendengarkannya dan mengambulkannya, namun doa saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan berusaha.

Seperti halnya jika kamu mencintai seseorang, berikanlah dia yang hal yang terbaik walau dia sendiri tidak melihatnya, Yaitu dengan cara mendoakannya, mendoakan semua hal-hal terbaik yang kamu inginkan untuknya, niscaya jika Allah berkehendak pasti akan dikabulkan.


10. Hati manusia bak Binatang Buas

Hati manusia ibarat binatang buas. Barangsiapa hendak menjinaknnya, akan diterkamnya.

Bukan urusan yang gampang untuk menaklukkan hati seorang manusia, kamu harus berjuang dan berusaha terlebih dahulu sampai dia benar-benar luluh dengan dirimu.

Seperti yang dikatakan ali bin abi thalib, jika kamu mencoba menjinakkan bintatang buas tanpa tahu apa yang ingin kamu lakukan, maka kamu akan diterkam dan mangsanya. 


11. Perbaiki dirimu

kata kata motivasi ali bin abi thalib
Salah satu balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.

Jika ada seseorang yang mencoba menjatuhkanmu, entah itu menghinamu, mencurangimu, memfitnahmu, Luapakanlah dia dan jangan memikirkan bagaimana caranya untuk balas dendam.

Seseorang membencimu karena mereka tahu ada hal yang kurang baik dimata mereka ketika melihatmu. Maka balas dendam yang terbaik untuk membungkam mereka adalah dengan menjadikan dirimu lebih baik lagi dari hari kemarin.


12. Jangan menyia-nyiakan teman

Manusia yang paling lemah adalah ia yang tidak bisa mencari teman. Tetapi manusia yang lebih lemah dari itu adalah ia yang mendapatkan banyak teman namun malah menyia-nyiakannya.

Mencari teman bukan seuatu hal yang sulit, jika kamu dapat berperilaku dengan baik dan sopan maka teman berlahan akan mendekatimu. hanya manusia lemah yang tidak bisa mencari teman, sebab ia tidak tahu caranya berbuat baik kepada seseorang disekitarnya.

Namun orang yang lebih lemah lagi adalah mereka yang sudah memiliki teman, tapi ia sia-siakan dan hanya memilih teman sesuai kemauannya. 

😊 Untuk Teman : Kumpulan Kata Kata Bijak dari Tere Liye tentang Sahabat sejati


13. Apapun itu Berkatalah dengan Jujur

Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan tiga hal, yaitu Kepercayaan, Cinta, dan Rasa hormat.

Jangan mencoba membohongi apa yang keluar dari dalam mulutmu, jika seseorang bertanya katakanlah dengan sejujur-jujurnya, jangan mencoba mengelabuhinya ataupun menyesatkannya.

Niscaya jika kamu menjaga setiap perkataan dengan dasar kejujuran, maka tiga hal ini akan datang padamu yaitu Kepercayaan dari orang, Rasa cinta dari orang disekitarmu, dan Rasa hormat yang yang akan diberikan untuk dirimu.


14. Diamnya manusia baik lebih berbahaya

Kezaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya manusia jahat. Tetapi karena diamnya manusia baik.

Manusia yang baik tidak selamanya akan baik, adakalanya jika manusia baik itu akan berubah sifat menjadi buruk karena pengaruh orang disekitarnya, yang dapat menjaga hati dari setiap hal negatif di sekitarnya, maka ia akan menang.

Ibarat seperti kezaliman, itu akan terus ada walau samapai kapanpun, bukan karena banyaknya orang yang jahat diluar sana, sebab orang yang jahat bisa saja menjadi baik kapanpun itu jika Allah berkehendak. Namun orang yang baik kapan saja bisa menjadi jahat, jika dirinya tidak bisa menjaga hati, jiwa, dan pikirannya.


15. Jangan Banyak Bicara

Apabila akal sudah tidak sempurna, maka kurang-kurangilah berbicara.

Akal bisa disempurnakan dengan kemauan kita sendiri, Akal yang baik akan mendatangkan hal-hal baik. Namun jika akal sudah tidak sempurna maka akan ada saja hal yang timbul dari dirinya.

Seperti perkataan, mereka yang memiliki akal sempurna akan menjaga setiap kata yang keluar dari multunya. Namun berbeda dengan mereka yang tidak memiliki akal sempurna, akan ada saja perkataan negatif yang keluar dari multunya.


16. Senangilah apa yang kini terjadi

quotes bijak ali bin abi thalib
Apabila sesuatu yang kamu senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang sudah terjadi.

Manusia kadang mengharapkan sesuatu hal, apapun itu. Akan ada saja kemauan yang ia harapkan, kadang juga kemuan itu tidak terwujud dalam waktu dekat. Akan susah jika kemuan tidak dilandasi dengan kesabaran.

Namun jika kamu mensyukuri apa yang sudah ada didepanmu, mensyukuri apa yang sudah kamu miliki, itu akan lebih baik daripada mengharapkan apa yang belum tentu terjadi.


17. Akal kosong ilmu nol

Ilmu tanpa akal ibaratkan sepatu tanpa memiliki kaki. Dan akal tanpa ilmu ibaratkan kaki tanpa memiliki sepatu.

Setiap Ilmu yang kita peroleh dapat menjadi bekal untuk kita dimasa depan, namun ilmu saja tidak terlalu berguna jika seseorang itu tidak memiliki akal, sebab ilmu pasti akan cepat hilang.

Namun jika seseorang memiliki akal tanpa bekal ilmu, ia ibarat kaki tanpa memiliki sepatu, akan ada saja sesuatu yang mencoba melukaimu.

📖 Baca Juga : 75 Kata Kata Motivasi Belajar yang akan Membuatmu lebih Semangat


18. Lawanlah kecemasan dan kegelisahan

Bila kamu cemas dan gelisah pada sesuatu hal, cobalah untuk masuk kedalamnya sebab ketakutan dalam menghadapinya lebih menggangu daripada sesuatu hal yang kamu takuti itu sendiri.

Kadang manusia lemah sudah menyerah dengan apa yang terjadi padanya, Seperti contoh kecemasan dan kegelisahan. Manusia lemah mungkin melihat hal ini sesempit mereka berpikir.

Namun cobalah untuk masuk kedalam masalah tersebut, sebab ketakutan sebenarnya dalam menghadapai setiap masalah itu lebih menganggu daripada apa yang sesungguhnya kamu takuti itu.


19. Jangan suka Marah

Telanlah amarahmu, sebab kamu tidak pernah menemukan minuman yang bisa meninggalkan rasa lebih manis dan lebih enak daripada itu.

Amarah manusia bisa datang kapanpun itu, setiap manusia tentu berbeda-beda ada yang sering marah-marah ada juga yang bisa mengontrol amarahnya.

Sebenarnya amarah yang meledak itu tidak ada gunanya, tidak akan ada hal baik jika amarah sudah menjadi-jadi. Yang terpenting adalah mengontrol dan meredam amarah yang ada dalam dirimu, jangan sampai amarah itu mencoba menghancurkanmu.


20. Positif, positif, dan positif!

kutipan bijak ali bin abi thalib

Berpikirlah dengan positif, tak peduli seberapa keras kehidupanmu saat ini.

Apapun yang terjadi, apapun yang kamu lalui, apapun yang ada didepanmu Tetaplah berpikir secara positif, berpikirlah hal-hal baik yang mungkin akan terjadi.

Walaupun sekesar, sesakit, sehancur apapun hidupmu saat ini tetaplah memiliki harapan yang positif untuk kamu dimasa depan, insyaallah jika kamu berusaha pasti apa yang kamu ingin tidak akan lama pasti akan terwujud.


21. Lidah manusia

Lidah dari orang yang berakal berada dibelakang hatinya, sedangkan hati orang yang bodoh berada di belakang lidahnya.

Menurut Ali bin Abi thalib manusia memiliki dua karakter berdasarkan lidahnya, ia menjelaskan bahwa orang berakal memiliki lidah dibelakang hatinya, ini berarti orang yang bijak memikirkan terlebih dahulu setiap kata yang keluar dari mulutnya, agar yang ia katakan tidak menyakiti orang lain.

Sedangkan untuk orang yang bodoh, memiliki hati dibelakang lindah, dalam arti mulutnya sering berkata tanpa berpikir terlebih dahulu, dan tidak peduli apa yang dikatakannya apakah akan menyakiti hati seseorang atau tidak.


22. Miskin dan Kaya

Menjaga keringat adalah hiasan bagi orang miskin, Sebagaimana syukur adalah hiasan bagi orang yang kaya.

Quotes Ali bin Abi thalib diatas sangat megambarkan sekali bagaimana orang miskin dan orangkaya menikmati hidupnya. Mereka yang miskin akan terus berjuang dan berusaha, walau banyak keringat mengucur dari tubuhnya ia tak peduli dengan apa pekerjaan yang ia lakukan, hanya demi mencapai derajat kesuksesan yang ia idam-idamkan.

Sedangkan orang yang kaya, wujud syukur adalah bentuk terimakasih kepada penciptanya Allah SWT karena telah memberikan kehidupan nya yang sekarang. 


23. Jangan pikirkan akibat

Orang yang terlalu memikirkan sebuah akibat dari sesuatu keputusan atau tindakan, Mau sampai kapan pun dia tidak akan menjadi orang yang berani.

Pada setiap usaha yang kita lakukan, sudah kewajiban bagi kita untuk percaya pada proses yang sedang kita jalani. Dan jangan memikirkan apa yang akan terjadi ditengah jalan nanti.

Namun pikirkanlah segala hal positif pada setiap tindakan dan keputusan yang kamu lakukan, jika kamu tidak seperti itu, Sifat pemberani tidak akan menjadi milikmu.


24. Berdoa, tapi jangan lupa Beramal

Orang yang berdoa tanpa beramal, sama halnya seperti seorang pemanah tanpa memiliki busur.

Sebagai seorang muslim sudah semestinya kita berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah SWT, dan itu sudah dibuktikan di Al-Quran yang bunyinya "Berdoalah kepada-ku, niscaya akan aku kabulkan" (QS. Ghafir: 60). 

ini menunjukkan kita sebagai manusia tak luput dari segala ujian yang berikannya, maka sebagai wujud kelemahan kita sebagai manusia sudah sewajibnya doa menjadi senjata yang luar biasa.

Namun doa dan beramal harus menjadi satu kesatuan, sebab amal baik bisa mempercepat terkabulnya doa, memperlancar rejeki, dan diberikannya pahala. Dan "Allah senantiasa menolong seorang hamba, selama hamba itu menolong sesama saudaranya" HR Muslim.


25. Kelembutan hati

Bila suatu sikap lemah lembut hanya bisa mengakibatkan timbulnya kekerasan, Maka kekerasan itu adalah bentuk kelembutan hati.

Seharusnya sikap seseorang yang lemah dan lembut, memiliki pandangan yang baik dimata orang lain, mungkin orang lain tahunya ia adalah manusia yang paling suci yang pernah ia lihat, karena mereka melihatnya hanya dari sikap, tidak dari hati.

Seperti kata ali bin abi thalib, jika sikap manusia yang lemah lembut bisa mengakibatkan timbulnya kekerasan, maka sikap itu adalah bentuk kekerasaan. Dan itu berbanding terbalik dengan presepsi orang yang memandang baik sikap itu.


25. Jangan pernah membenci

gambar kutipan bijak ali bin abi thalib
Jangan pernah membenci siapapun, tak peduli seberapa banyak mereka bersalah padamu.

Sebagai manusia kita semestinya saling memaafkan setiap salah dan dosa orang lain kepada kita, Manusia tak akan luput dari rasa bersalah, begitupun kita sudah sebaiknya kita tidak memiliki sifat membenci sesama manusia.

Walaupun sebanyak apapun salah itu, maafkanlah dan berdamailah. Itu lebih baik dariapada saling benci dan terbukti itu tidak akan menyelesaikan masalah.


26. Yang penting berkah

Adakalanya sedikit lebih banyak berkah daripada yang banyak.

Kita ibaratkan ini adalah sebuah rejeki manusia yang telah diatur oleh yang Maha Kuasa, Sedikit apapun rejeki yang kita terima, syukurilah apa yang telah diterima. Walaupun itu dalam takaran yang sedikit, asal Berkah dan Barokah saja itu sudah termasuk baik.

Daripada rejeki yang banyak namun tidak berkah. Mungkin rejeki seperti ini tidak akan lama bertahan dan tidak akan berkah juga apa yang ia dapatkan.  


27. Obat penyembuh sakit

Sebagaimana obat justru akan menjadi penyebab datangnya penyakit, Sebagaimana sesuatu yang menyakitkan adakalanya menjadi obat penyembuh.

Ada beberapa penyakit yang disebabkan karena mengosumsi obat, ya itu dalam dosis yang berlebihan. tentu sudah bisa kamu tebak, bahwa ini tidak akan menyembuhkannya melainkan akan membuatnya menjadi penyebab datangnya penyakit baru.

Begitupun dengan hidup ini, mungkin kita sering mengalami hal yag menyakitkan tetapi adakalanya hal itulah yang menjadi obat penyembuh untuk diri kita agar bisa lebih kuat lagi dalam melewati setiap ujian dan tantangan yang ada.


28. Tak ada gunanya Marah

Kemarahanmu dimulai dengan Kegilaan, dan berakhir dengan sebuah penyesalan.

Apa yang terjadi bila kita sedang marah, tentu hanya kegilaan yang kita rasakan, kita hanya ingin membabi buta apapun bila kita sudah tidak bisa mengatur Amarah. Contoh bila kita marah kepada seseorang, dan kita memukulnya, itu adalah bentuk kegilaan.

Namun apa yang terjadi bila Amarah itu sudah mereda, tentu kita akan menjadi cemas dan memikirkan masalah yang barusan terjadi, tentu kita menyesali kegilaan yang baru saja kita lakukan. Ya kemarahan itu akan berujung pada penyesalaan, dan itu tidak akan ada habisnya jika kita tidak mencoba menyelesaikannya dengan Meminta maaf.


29. Pikirkan juga saudaramu

Orang yang hanya bisa berpikir untuk kepentingan perutnya saja, Maka harga dirinya serupa dengan apa yang dikeluarkan dari isi perutnya.

Kita ini hidup saling membantu, kita sebagai manusia tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka sudah semestinya kita saling tolong-menolong kepada sesama. Contoh bila kita memiliki sepotong roti, dan kita melihat ada orang lain yang lebih membutuhkannya. Maka bantulah dia, berikan ia sebagian roti itu, dan jangan mementingkan ego untuk menuruti kenyangmu.

Maka jika ego untuk mengenyangkan diri sudah timbul, harga diri orang itu ibarat apa yang ia keluarkan setelah dirinya makan, ya benar harga dirinya ibarat tinja yang tak berguna. Maka saling membantu sesama saudara adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim.


30. Kamu adalah tuan untuk dirimu

gambar kata kata bijak ali bin abi thalib
Berbahagialah orang yang bisa menjadi tuan bagi dirinya, Menjadi pemandu untuk nafsunya, dan menjadi kapten untuk bahtera hidupnya.

Kita manusia memiliki kendali penuh atas apa yang kita lakukan, apa yang kita katakan, dan apa yang kita dapatkan. Kamu adalah pengendali untuk dirmu sendiri, apa yang kamu lakukan terjadi karena kemauanmu.

Apa yang kamu inginkan, adalah apa yang sudah kamu rencanakan. Dan apa yang akan terjadi pada masa depanmu, tergantung pada apa yang kamu lakukan saat ini. Kamu adalah bahtera hidupmu sendiri, bukan orang lain!.

💬 Quotes lainnya :  50+ Koleksi Kata Kata Bijak Islami sebagai Penyejuk Hati


Kesimpulan

Sangat inspiratif dan bermakna sekali kumpulan kata-kata bijak yang pernah beliau ucapkan, banyak kandungan makna dan teladan yang bisa kita jadikan contoh untuk menjalani hidup ini lebih baik dan tidak gegabah dalam menjalankan sesuatu.

Tokoh islam yang bisa kita jadikan teladan untuk kita semua, semua kata-kata diatas tidak akan berarti jika hanya kamu baca saja. Cobalah untuk memaknai setiap potongan kata tersebut, dan jadikanlah itu sebagi tenaga dan pedoman untukmu menjalani hidup dengan bahagia dan tentram.

0 Response to "30 Kata Kata Bijak Ali bin Abi Thalib untuk Nasihat Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel