20 Game Simulasi Terbaik yang Seru untuk dimainkan

game simulasi terbaik

Memainkan sebuah game tentunya menjadi sebuah aktivitas yang banyak digemari oleh sebagian orang, mereka menganggap bermain game dapat menghilangkan stress, membuat hati menjadi senang, dan otak menjadi lebih kreatif. 

Banyak juga penelitian yang menyebutkan akan dampak positif bermain game, seperti penelitian yang dilakukan oleh America Psychological Association (APA) pada 2013 yang menyebutkan bahwa bermain game dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak, termasuk navigasi spesial, persepsi, memori, dan bahkan berpikir kritis. 

Bukan hanya itu saja sebenarnya, banyak penelitian dari para ilmuan yang melakukan riset terhadap bagaimana sebuah game dapat mempengaruhi otak dan perilaku seseorang, jadi tidak selamanya bermain game itu tentang kejelekan atau hal-hal negatif, sebenarnya tanpa kita sadari ada manfaat pada aktivitas ini, tetapi juga durasi dan waktu dalam bermain itu sendiri harus di perhatikan dan tidak boleh kecanduan sebab ini akan berbanding terbalik dengan sisi positif.


Game Simulasi: Salah satu genre Game paling banyak dimainkan

Salah satu genre Game yang banyak dimainkan juga oleh para gamers adalah Simulasi, mungkin banyak dari kalian setuju ketika saya mengatakan Game Simulasi adalah game terasik dan terseru yang seolah-olah kita dapat mersakan langsung didalamnya, dan tampak nyata. 

Jadi tipe game ini itu seperti mengajak para pemainnya untuk masuk langsung kedalam dunia replikasi yang ada pada game, seperti contoh menerbangkan pesawat, mengendari kendaraan, membuat restoran dan mengelolanya, membuat kota, dan lain sebagainya.

Selain itu juga menurut situs rectifygaming, game dengan tipe simulasi ini dapat membantu kegiatan belajar menjadi lebih mudah untuk menyimpan inofrmasi, Sebab kamu bisa mempertahankan 75% dari apa yang kamu pelajari dalam game langsung ke kehidupan nyata, walau koteksnya ini "virtual" tetapi saja saja hal ini seperti mensimulasikan yang telah ada sebenarnya. 


20 Game Simulasi Terbaik yang Seru untuk dimainkan

Jujur saya sendiri sangat suka dengan genre simulasi ini, sebab bisa dimainkan kapan pun dan dimanapun sebagai pelepas ketika lelah. Selain itu juga saya menyukai tipe game seperti ini karena saya merasa seperti memiliki atau melakukan hal yang tidak bisa saya lakukan didunia nyata, namun bisa dimainkan didunia game.

Nah kalau kamu tahu, sebenarnya ada banyak sekali lo kumpulan game simulasi yang seru dan asik untuk dimainkan. Dibawah ini saya akan merangkum 20 Game Simulasi Terbaik yang pernah saya mainkan, berikut beberapa rekomendasinya.


1. Fight Virus Covid-19 Hospital Simulation


Game pertama kali ini mungkin sangat relate sekali dengan kehidupan kita saat ini, sebab saat ini sedang mengalami situasi yang dinamakan pandemi Covid-19 diseluruh dunia, maka dari itu kita diwajibkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan juga wajib melakukan dua kali suntik vaksin.

Nah pada game ini kamu akan ditugaskan untuk mengelola sebuah ruma sakit khusus unutk menampung para pasien covid-19.

Jadi akan ada simulasi orang-orang yang akan masuk, untuk medicial check up, suntik vaksin, dan juga karantina. nah masing-masing ini akan diberikan waktu tersendiri sampai pasien akan benar-benar keluar.

Desain dari game ini benar-benar halus dan minimalis namun tetap menyenangkan permainan juga cenderung ringan dan bisa dimainkan kapan saja baik itu saat bersantai atau saat bekerja.

Tugas kamu sebagai pengatur rumah sakit, kamu harus mengklik atau memencet virus Covid-19 berwarna hijau yang akan selalu muncul dalam rumah sakit ini. Jika kamu mengklik virus tersebut, virus akan hilang, begitupun ketika kamu membairkannya menyebar dan tidak menghilangkannya maka permainan akan selesai atau Game over.


2. Airport Rush Airplane Parking

Jika sebelumnya adalah simulasi sebuah rumah sakit, kali ini Game kedua adalah simulasi tentang sebuah bandara. Berbeda dengan sebelumnya yang kita tugasnya adalah untuk merawat dan mengatur setiap pasien yang terkena Covid-19, kalau kali ini gamenya lebih ke mengatur setiap pesawat yang tiba dan keluar dari bandara.

Pertama kali memainkan game ini kamu akan diberikan 3 opsi untuk memiliki terminal atau tempat bandara, jika sudah memilih kamu akan mengatur steiap pesawat yang tiba dan akan keluar dari bandara itu, selain itu kamu juga harus bertugas untuk menjaga setiap pesawat agar tidak bertabrakan dengan mengklik times pada setiap shift. Pesawat yang ada digame ini juga tidak hanya satu saja, ada bermacam-macam pesawat keren layaknya bandara asli pada umumnya.

Secara gameplay menurut saya game ini sangat menyenangkan, kamu bisa melihat lalu lintas pesawat yang masuk dan keluar dari bandara dalam sebuah game. Selain itu desain game yang minimal juga menjadi kelebihan.


3. Coffee shop Business Sim


Untuk kamu yang suka dengan kopi mungkin wajib deh mencoba game satu ini, sebab dengan memainkan game satu ini kamu akan bisa memainkan peran sebagai Barista handal yang mengelola warung kopi dipinggir jalan untuk dijual ke orang-orang.

Jadi pertama main kamu akan diarahkan unutk membeli beberapa bahan untuk kopi seperti Cup, Sugar, Milk, dan Coffee. Setelah memilih bahan-bahan selanjutnya kamu bisa mengatur harga kopi yang akan kamu jual, ini bebas. Tetapi saran saya untuk pertama-tama beri harga kopi dengan harga yang tidak terlalu tinggi, dan jika sudah lama bisnis warung kopimu silahkan patok dengan harga yang lebih tinggi.

layaknya penjual kopi sungguhan, akan ada fase Sold Out atau kehabisan kopi, dan kamu bisa mengakhiri hari itu dan melanjutkannya dihari besok unutk menjual kopi. Dan kamu juga bisa melihat visual dari orang-orang yang membeli kopi dengan setiap animasi grafis yang seru dan menyenangkan.


4. Idle Zoo Game

Dalam game idle zoo ini kamu akan bertugas sebagai seorang pengelola kebun binatang yang dapat mengurusi, mengawinkan, membeli hewan. Bukan hanya itu juga seperti layaknya kebun binatang pada aslinya, setiap tempat hewan yang ada setiap menitnya akan menghasilkan uang, dan uang ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Seperti contoh uang yang kamu dapat bisa digunakan untuk membeli tempat baru dan kemudian diisi dengan hewan, uang juga bisa digunakan untuk mengupgrade steiap fasilitas yang ada, bisa juga untuk membeli sebuah kebun binatang baru ditempat yang lain.

Pertama kali main, kamu akan diarahkan untuk memilih tempat pertamamu di sebuah pulau, dan kemudian kamu akan diarahkan untuk membeli hewan pertama dan kemudian bisa mengelolanya seperti layaknya kebun binatang sungguhan.


5. LEGO City Adventures Build and Protect City

Selanjutnya untuk kamu yang suka bermain game bertema permainan, mungkin satu ini sangat cocok deh buat kamu. Game ini memiliki gameplay yang sangat menarik, kamu akan ditugaskan untuk membuat sebuah kota Lego denngan mendirikan bangunan-bangunan dekorasi pada kota ini.

Menariknya lagi, ada banyak lo lahan yang kamu bisa bangun sebuah. Namun untuk membuka lahan baru, yang harus kamu lakukan adalah memenuhi setiap kota dengan bangunan dan mengumpulkan uang untuk membeli lahan baru.

Secara keseluruhan menurut saya game ini, cukup seru dan menyenangkan. Kamu bisa melihat layaknya kota sungguhan namun ini dihuni oleh lego, seperti lalu lintas mobil yang lalu lalang, orang-orang yang berjalan-jalan, dan lain sebagainya.


6. Tap Supermarket Grocery Store

Game ini bertema tentang mengelola sebuah toko supermarket yang dimana kamu akan betrugas sebagai pengatur setiap aktivitas dari pengujung yang ingin membeli barang atau makanan disana. 

Pada saat pertama main kamu hanya akan diberikan beberapa lapak saja yang berisi bauh-buahan, dan kamu juga bisa menambah kapak kamu dengan harga yang ditawarakan, selain itu kamu juga bisa menambah kasir, menambah toko baru, menambah karyawan, dan lain sebagainya.

Game bertema idle ini juga tampak menyenangkan dan seru untuk dimainkan, sebab setiap pelanggan yang masuk dan membeli itu terlihat seperti nyata layaknya aktivitas yang ada di supermarket pada biasanya. Pokoknya selain seru game ini juga akan membuat kamu lupa waktu deh.


7. SpongeBob SquarePants Restaurant

Game kali ini sangat cocok untuk kamu yang dari kecil gemar menonton kartun SpongBob, pernah tidak sih menbayangkan menjadi Spongbob dimana kita harus bekerja setiap hari membuat Krabby Patts di restoran tuan krab. Nah hal ini bisa kamu rasakan lo menjadi karakter kartun berwarna kuning ini.

Caranya dengan memainkan salah satu game andalan simulasi yakni SpongeBob SquarePants restaurant yang akan membuat para pemainnya disibukkan dengan pelanggan-pelanggan yang membeli Krabby Patty. 

Disini kamu bisa memasak, mengatur tingkat matang, membuat minuman, membuang hasil yang gagal, dan memberikannya kepada para pelanggan. Seperti layaknya sugguhan, jika kamu memasak dagging terlalu gosok, maka pelanggan akan tidak suka, dan langkah yang harus kamu lakukan adalah membuang hasil yang tadi kamu buat di tempat sampah.

Secara gameplay, menurut saya game ini sangat menyenangkan. Setiap karakter yang ada di Kartun SpongeBob Squarepants akan hadir dalam game ini, selain itu interior dan alat-alat chef dari Spongebob bisa kamu gunakan.


8. Super Hero Girls Burrito Blitz

Kali ini di urutan nomer 8 ada sebuah game simulasi memasak yang konsepnya ini hampir mirip dengan game sebelumnya, bedanya mungkin ini lebih gampang lah, jika sebelumnya menjual Krabby Patty kali ini di game ini kamu akan bertugas untuk menjual Taco.

Pelanggan akan berdatangan seiring waktu dan kamu ditugaskan untuk membuat dan menjual taco yang sudah disediakan, kamu tidak boleh membuang-buang waktu kamu sebab pelanggan akan menunggu pesnaan mereka, dan jika waktu mereka sudah habis maka mereka akan pergi dan reputasi kamu akan menurun, kamu diberi kesempatan tiga kali dan jangan sampai biarkan pelanggan kamu kecewa!.

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, game ini memiliki gameplay yang sedikit lebih mudah. Sabab disnii kamu hanya perlu tap-tap dan swap-swap saja untuk melayani para pelanggan kamu yang ingin dibuatkan Taco. Desain karakter dan tampilan game juga cukup menarik dan tidak membosankan.


9. Alan's Pizzeria

Masih terkait dengan game bertema cooking, kalau sebelumnya adalah Burger dan Taco, kali ini kita akan memainkan game dengan tema memasak Pizza. Game kali ini sama seperti sebelumnya, yakni kamu memiliki sebuah restaurant dan tugas kamu adalah melayani setiap pelanggan yang membeli.

Bedanya game Allan's Pizzeria ini dengan yang sebelumnya adalah, kamu kali ini bertugas seperti Manager lah, yakni mengarahkan setiap karyawan kamu untuk bekerja dan melayani pelanggan. Disini akan ada empat pelayan, yang pertama dalah pembuat adonan, kedua pemberi topping, ketiga memasak pizza, dan keempaat adalah kasir.

Setiap pelanggan yang datang mempunyai waktu sendiri, jika waktu mereka habis dan kamu tidak segera melayaninya maka pelanggan akan pergi. Begitupun juga ketika pizza yang kamu buat gosong.


10. Pizza Party 

Sama seperti game sebelumnya, game ini memiliki tema restaurant Pizza. Namun ada beberapa hal yang membedakan antara kedunaya, jika game sebelumnya kita harus mengatur para karyawan untuk membuat pizzanya, kali ini di game Pizza party kamu bertugas langsung sebagai Chef yang membuat pizza.

Dalam game ini terdapat beberapa level, dan masing-masing memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda. Topping pizza akan semakin bertambah dan pelanggan akan semakin banyak meminta request pizza yang bermacam-maca, maka kamu harus selektif dalam menaburkan topping agar pelanggan yang membeli nanti akan puas dengan hasil kamu.

Secara keseluruhan ketika saya memainkan game ini, menurut saya ini lebih menarik dan menantang. Sebab ada setiap level yang terus meningkat dan semkain sulit, salah dikit pencet nih kamu akan gagal membuat pizza, oh ya ada juga kesempatan yang jika habis kamu akan kalah.


11. Flight Sim Air Traffic Control

selanjutnya game yang menurut saya ini adalah salah satu yang paling sulit sih, walaupun bergenre simulasi game ini tampak memberikan adrenaline kepada para pemainnya.

Game ini sebenarnya tidak terlalu neko-neko, simple namun bikin jatungan. Akan ada sebuah landasan pacu halikopter dan pesawat, nah tugas kamu adalah mengarahkan atau membuat jalur terbang pesawat-pesawat yang terlihat untuk masuk ke jalur pendaratan. 

Dan yang saya sebut bikin jantungan adalah, walaupun saya memainkan masih level satu, pesawat yang datang ini tidak ada hentinya, dan jika satu sama lain bertabarakan maka BOOM! kamu akan kalah.


12. Cake Design

Lanjut ke game berikutnya, yang dimana tema kali ini mengusung cooking kembali namun beda untuk apa yang akan kalian buat disini, seperti pada namanya mungkin kalian sudah tahu. Yhap di game ini kamu akan ditugaskan untuk membuat sebuah kue dengan berbagai macam bentuk dan varian unik.

Kamu akan diberi waktu selama satu menit untuk membuat lima kue dari lima pelanggan, dan setiap pelanggan ini memiliki permintaan kue yang berbeda-beda, mereka kadang memesan dengan topping dan desain kue yang simple, ada juga yang rumit. Sehingga kita perlu hati-hati dalam memilih setiap topping.

Menurut saya ini adalah game sederhana sih dan lumayan cepat, juga menantang. Sederhana karena kmau hanya perlu mengklik topping dan klik centang, begitu seterusnya. Namun cepat disini karena kamu hanya memiliki satu menit, dan menantang karena kamu tidak boleh salah pencet dalam memilih setiap topping pada kue.


13. Casagrandes Mercado Mayhem

Game kali ini memiliki tema shooping, yang dimana kamu berperan sebagai dua karakter sekaligus yakni Pria dan Wanita. Keduanya sama-sama bertugas untuk mengurusi sebuah Supermarket yang selalu didatangi oleh pembeli, dan tugas kamu adalah melayani para pembeli dengan baik.

Jadi nanti kamu bisa memilih dua karakter ini secara bergantian, namun keduanya memiliki perannya masing-masing. Seperti pria yang bertugas untuk mengisi setiap makanan yang kosong dan membersihkannya, lalu unutk Wanita sendiri bertugas melayani dan mencarikan items atau makanan yang dicari oleh pelanggan.

Jadi kamu bisa main tap-tap dan pilih nih mana items yang dicari dan mana yang bukan, secara desain juga game ini juga cukup bagus lo, karakter yang ada sangat bagus dan detail setiap hal yang ada disana juga jempolan.


14. Elinor Wonders: Why Elinor Backyard life

Selanjutnya adalah sebuah game simulasi berbasis edukasi yang sangat interaktif dan seru, game Elinor Wonders ini sangat cocok untuk anak-anak yang ingin diberikan pengetahuan lewat permainana yang seru dan menarik.

Jadi game ini secara tidak langsung mengajarkan kepada anak-anak tentang ekologi yang terjadi diluar sana. Ketika saya memainkan pertama game ini jujur saja saya binggung, apa maksud dari game ini?

Nah setelah memahaminya ternyata game ini seperti edukasi ilmu kepada anak-anak, dimana anak-anak bisa membangun ekosistem padang rumput dan lingkungan mereka sendiri, bisa juga mempelajari tentang hewan-hewan, serta bagaimana tumbuhan dan hewan ini saling terkait dalam membentuk sesauatu untuk berkembang.

Penjelasan dan desain animasi pada game juga cukup memukau, ini sangat cocok banget sih buat yang mempunyai anak-anak kecil atau adik. Sebab dengan game seru ini anak-anak bisa tahu dan paham akan tumbuhan serta hewan.


15. Elinor Wonders: Elinor Pond Life

Mungkin kamu kaget, lho kok gamenya dua? nah saya bisa menjawabnya bahwa game Elinor Wonders ini memiliki dua versi yang telah rilis dan bisa dinikmati secara gratis. 

Hampir mirip dengan sebelumnya, jika game sebelumnya mengajarkan tentang tumbuhan dan hewa, versi Pond Life ini lebih memperkenalkan pada dunia bawah air yang sebenarnya. Akan ada berbagai items yang bisa kamu berikan disini, seperti tumbuhan dan hewan dalam air. Intinya semua hal yang ada kaitannya dengan air akan ada lah disini, dan anak-anak bisa mendapatkan edukasi yang bermanfaat dengan memainkannya.

Kalau bisa kita sederhanakan, dalam game ini kamu bisa membangun ekosistem kolam milik kamu sendiri dengan cara masing-masing. Namun setiap items yang kamu letakkan, kamu akan mendapatkan ilmu tentang dunia bawah air yang sebelumnya mungkin belum kamu ketahui lewat voice yang menjelaskan semua itu. 


16. Molly of Denail Veggiezilla Gardening

Masih merupakan salah satu game edukasi yang cocok untuk anak-anak, namun untuk game kali ini lebih mengajarkan ke edukasi bercocok tanam dengan langsung dikebunnya.

Nah dalam kebun tersebut kamu bisa menanam sayuran yang sebelumnya kamu pilih, nah tugas kamu adalah merawat setiap sayuran yang telah ditanam di lahan tersebut. 

Jika kamu berhasil membuat sayuran yang ada sampai tumbuh dengan sempurna atau besar, maka kamu berhasil memenangkan level tersebut da siap untuk melaku ke sayuran berikutnya. Yang menairk bagi saya, ketika kamu selesai menanam, kamu akan diberikan sebuah penghargaan serta sayuran yang kamu tanam juga akan diukur beratnya.


17. Open Restaurant

Game ini bertema seseorang pria yang bertugas sendiri disebuah restaurant, dimana ketika kamu mencoba memainkannya kamu akan dituntut untuk memilih orang, menyiapkan tempat duduk, meminta menu, membuatkan makanan, memberikannya, dan pembeli akan memberikan uangnya.

Mungkin sesederhana itu, namun pembeli yang datang ini tidak ada habisnya, apalagi kamu hanya diberikan waktu satu menit saja untuk melayani setiap pelanggan yang datang dengan sendiri.


18. Penguin Cafe

Bertema restaurant, game simulasi berikutnya ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sebab kali ini restaurant yang ada dihuni oleh penguin-penguin dimana ada yang bertugas sebagai pelayan, chef, dan ada juga yang berperan sebagai pembeli.

Nah disini kamu berperan sebagai seorang pembeli, kamu harus melayani setiap pelanggan yang masuk kedalam Restaurant dan menawarkanya apa makanan yang diinginkannya, setelah itu chef akan membuat dan kamu bisa mengantarkannya.

Perlu kamu ketahui juga, penguin Cafe ini memiliki level yang berbeda-beda, steiap level memberikan tantangan dan kesulitannya sendiri. Mungkin diawal-awal ketika kamu main in masih mudah, namun lama-kelaman tantangan akan semakin sulit dan kamu harus tetap berusaha memberikan pelyanan yang terbaik dimusim salju.


19. Red Imposter Vs Crew Assassin

Mungkin game ini sudah banyak dikenal oleh orang-orang ya Secara gameplay game ini mirip dengan konsep dari Among Us yang kala itu sangat populer dan banyak dimainkna oleh orang-orang.

Red Imposter Vs Crew Assassin ini adalah sebuah permainan simulasi startegi oembunuh siluman, yang dimana pemain harus membunuh semua anggota  kru atau lawan yang ada didalam pesawat ruang angkasa.

Nah pada saat kamu membunuh musuh ini kamu akan mendapatkan uang, dan uang tersebut bisa kamu gunakan untuk meningkatkan senjata dan kostum yang kamu pakai agar karakermu menjadi lebih kuat lagi.


20. Professor Screwtops Ice O Matik

Game terakhir yang mungkin menjadi salah satu game yang unik juga dari kebanyakan game lainnya. Ya walau masih sedikit sama seperti game-game diatas yang bertemakan cooking atau restaurant.

Game kali ini memiliki gameplay yang cukup seru, dengan paduan suara dan desain yang mendukung. Jadi kamu disini bertugas sebagai seorang pembuat Es krim yang melayani setiap pembeli dengan membuat eskrim yang diberikan topping dan rasa khusus.

Nah setiap pembeli ini memberikan waktu 30 detik untuk kamu dalam membuat eskirm, pastikan eskrim yang kamu buat sesuai permintaan mereka. Jangan sampai mengecewakan apra pembelu kamu, jika ini terjadi game akan selesai atau Gameover.

Kesimpulan

Game-game simulasi memang sangat menyenangkan, selain memiliki feels yang berbeda ketika dimainkan, game dengan genre ini nyatanya juga lebih seru dan ada juga yang lebih menantang, terbukti kan dengan 20 game simulasi terbaik diatas? 

Walau masih dalam satu genre yakni simulasi, namun satu persatu dari mereka memiliki tema yang bermacam-maca, ada yang simulasi membuat sebuah kota, membangun sebuah restaurant, mengendalikan pesawat, membuat makanan, ada juga game edukasi berbasis simulasi yang sangat seru sekali.

Bagaimana dari 20 game simulasi diatas, mana nih yang menjadi favorit kamu? Kalau saya sih semua game diatas jujur ketika saya coba mainkan, saya suka semua sih, dan saya menikmati setiap gameplay permainannya.

Belum ada Komentar untuk "20 Game Simulasi Terbaik yang Seru untuk dimainkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel