Review Lengkap Parasite (2019), Kelas Sosial Si miskin dan Si kaya


Dimasa pandemi seperti ini tentu kita membutuhkan hal-hal yang seru dan menyenangkan untuk mengisi waktu dirumah. Nah salah satu rutinitas yang seru adalah menonton film, apalagi nontonnya bareng-bareng keluarga atau teman, pasti tambah seru. Nah kali ini saya ingin memberikan satu rekomendasi film Korea dengan judul Parasite (2019).

Oke mungkin pertama kali kamu mendengar judul ini, terdengar klise sebab parasite ini bisa bermacam-macam artinya. Namun nanti setelah kamu melihat filmnya, dijamin deh kamu akan tahu apa sih makna parasite pada film ini.

Untuk kamu yang suka banget film Drama korea, wajib deh dan nggak boleh dilewatkan untuk menonton film satire yang di sutradarai oleh Bong Joon Ho ini, yhapp Parasite.

Kenapa saya bilang wajib banget ditonton, Selain karena filmnya emang bagus banget, apa kamu tahu bahwa film ini menjadi film korea yang mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi di dunia, seperti d'Or di fastival Film Cannes 2019, Blue Dragon Film Award, Golden Globe Awards, Writers Guild of America Awards, Washington D.C, dan satu lagi yang yang paling mengejutkan dan membuat kejutan adalah Film Parasite mendapatkan penghargaan sebagai Film pertama non-english language yang mencatatkan sejarah sebagai "Best Picture" di OSCAR 2020 lalu. Pokoknya banyak banget deh penghargaannya bahkan sampai 180 lebih diterima film ini. 

Film parasite mendulang banyak sekali pengharagaan international, bahkan ada sekitar 180 penghargaan yang telah diterima. Source : www.trtworld.com

Tentu sangat sayang untuk dilewatkan, apalagi kamu lagi binggung nih mencari film Drakor yang bagus. Oke mari kita bahas lebih lengkap dan dalam lagi tentang Film parasite ini, pensaran? langsung saja kita ke pembahasannya.


Parasite (2019)


Judul: Parasite/ Gisaengchung
Genre: Drama, Comedy, Thriller
Directors: Bong Joon-ho, Han Jin-Won
Writter: Bong Joon-ho
Actors: Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Jo Yeo-jeong, Choi Woo-sik, Jang Hye-jin, Park So-dam, Lee Jeong-eun
Runtime: 2 jam 12 menit
Release Date: 20 June 2019




Sinposis Film Parasite (2019)

Dibawah ini kita akan mengetahui, bagaimana sih alur cerita film parasite ini. Pokoknya jangan sampai kelewatan deh, sebab setiap ceritanya memiiliki arti dan makna yang mendalam, dan membuat para penontonnya berpikir. Hmm sebenarnya bagaimana sih kelanjutan filmnya? oke langsung saja ini dia 

Ironi - Si kaya dan Si miskin

Sebenarnya Film ini memiliki makna yang sangat dalam. Oke mungkin kamu berpikir parasite, kenapa parasite? Oke mugkin definisi umum parasit adalah sebuah organisme yang kebutuhan hidupnya bergantung pada organisme lain. Namun dalam film ini ada dua keluarga berbeda yang kelas sosialnya juga berbeda, Si Kaya dan Si miskin. 

Keluarga kaya yang memiliki rumah besar nan megah diatas orang miskin yang hanya memiliki tempat tinggal yang kumuh dan jelek. Source : www.mariebergeron.com

Dimana Si kaya tinggal di rumah yang mewah dengan desain dari arsitek ternama, dan dilain kondisi Si miskin hanya tinggal berjejalan di dalam sebuah apartemen bawah tanah yang kumuh dan dipenuhi serangga bahkan menjadi tempat pipis buat pemabuk dipinggir jalan.

Masuk ke ceritanya

Adegan film ini dibuka dengan scane keluarga miskin yang terdiri dari Kim Ki Taek (Ayah), Chung Sook (Ibu), Kim Ki Woo (Anak laki laki), dan Kim ki Jung (Anak perempuan). Keluarga ini memiliki derita yang sama yaitu hidup miskin dan menganggur, Untuk bertahan hidup mereka bekerja part-time sebagai pelipat kardus pizza. 

Nah sebenarnya masing-masing dari anggota keluarga Pak Kim memiliki kemampuan atau skill yang berbeda-beda. Hanya saja semua terhambat karena masalah finansial mereka.

Pekerjaan part-time untuk melipat kardus pizza menjadi keseharian mereka untuk menghasilkan uang. Source : Screenshot pribadi

Seperti tokoh Ki-taek yang memiliki skill mengemudi andal, Chung Sook yang ternyata adalah mantan atlet, dan kedua anaknya Ki-woo yang memiliki skill berbahasa inggris, dan Ki Jung yang sangat lihai mengoprasikan Photoshop. 

Baik kita kembali ke cerita lagi, Sambil menikmati minum dan makan bersama, mereka dikagetkan dengan datangnya teman Ki Woo yakni Min-Hyuk bisa saya bilang sebagai cameo pada film ini. Ia datang membawa bebatuan lanskap yang dititipkan kakeknya untuk diberikan kepada keluarga Pak Kim. Konon katanya bebatuan tersebut dapat mendatangkan rejeki atau kekayaan.


Kesempatan emas untuk merubah hidup

Bak mendapatkan tiket lotre, Tujuan Min-hyuk bertemu dengan Ki-woo adalah menawarinya menjadi guru les private Bahasa inggris di keluarga yang sangat kaya raya (Keluarga Park). Alasan Min-hyuk memberikah alih pekerjaan untuk Ki-woo karena dirinya ingin menuntut ilmu ke luar negeri. 

Min-hyuk menawari pekerjaan untuk kiwoo menjadi guru les bahasa inggris di rumah Keluarga kaya raya (park family). Source : Screenshot pribadi

Dan Ki-woo pun tidak mau melewatkan kesempatan emas ini, ia pun menerimanya. Namun ia binggung bagaimana bisa ia memulai pekerjaan sebagai guru les namun dirinya tidak ada background sebagai orang berpendidikan sebelumnya. 

Nah Karena kepercayaan Min-hyuk ia menyuruh Ki woo untuk memberanikan diri memalsukan dokumen kelulusan kuliah dari sebuah Yonsei University. Seperti yang sudah sayang singgung diatas, bahwa adiknya Ki jung memiliki bakat photoshop, lalu ia menyuruhnya untuk mengedit dan mencetak sebuah dokumen yang sama persisi dengan aslinya.


Keesokan harinya, ia bergegas dan ingin berangkat ke rumah keluarga kaya itu.  


"Ayah aku tidak menggangap ini sebagai pemalsuan dokumen. Sebab aku akan masuk universitas ini, aku hanya mencetaknya lebih awal."

Mungkin itulah kata yang di ucapkan ki woo kepada ayahnya sebelum ia berangkat untuk pertama kalinya.

Kita bisa tahu bahwa sebenarnya ki woo adalah orang yang ambisius, seperti pertama kali ia ditawari pekerjaan oleh Min-Hyuk ia langsung menerimanya, kemudian keinginan besar dirinya untuk bercita-cita ingin berkuliah suatu hari nanti.

Terlihat rumah mewah yang dimiliki oleh keluarga park, rumah ini konon dibuat oleh arsitek kenamaan bernama Namgoong. Source : Source : JisuChoi.net

Setelah sampai dirumah keluarga kaya tersebut, Bak seperti masuk istana Ki woo terperana melihat kemewahan dan keindahan rumah dari keluarga park. Besar dan dihiasai dengan taman yang luas. 

** Sebelumnya Ki woo ternyata sudah menyamarkan namanya menjadi Kevin. **

Kemudian ia bertemu dengan Bu park, Karena min-hyuk merekomendasikan Ki woo sebagai pengantinya, maka tidak perlu waktu lama sebagai syarat ia diterima atau tidak, Bu park hanya ingin mengetahui bagaimana caranya mengajar, ia pun menyuruh ki woo untuk langsung membimbing Da-hye (Putri dari keluarga park).

Yang anehnya adalah, adegan malah terlihat seperti seorang psikolog dimana Ki woo memeriksa denyut nadi dari Da-hye saat dirinya sedang mengerjakan soal, bahkan kita tidak bisa menemukan adegan Ki Woo ngomong bahasa inggris sama sekali. Dengan pesona dan kepintarannya Min-hyuk pun terkesan dan langsung mengangkat Ki woo sebagai Guru les private Bahasa inggris putrinya tersebut.

Pembelajaran disitu pun selesai, Ki Woo langsung diberikan gaji pertama oleh Bu park dan ia tentu sangat suka dengan caranya mengajar. Ia diberi wewenang untuk mengajar les seminggu untuk 3 kali.

Nah disitu Bu park mengeluh bahwa ia ingin mencarikan guru seni untuk si bungsunya (Da song). 

Pikiran licik dari Ki woo pun muncul, tanpa basa-basi ia menawarkan adiknya untuk menjadi guru seni untuk Da soong. Namun disini Ki woo berbohong kembali, dengan menyamarkan adiknya dengan nama Jessica dan Mengada-ada bahwa si jessica ini adalah seorang mahasiswi dari jurusan seni terapan. Lagi lagi dia berbohong.

Kesempatan kedua, Ki Jung menyamar menjadi Guru seni

Disini Kijung sangat ekspresif dan terlihat professional memerankan tokoh menjadi Jessica, akhirnya dia pun direkrut menjadi Guru seni Dasong. Source : Screenshot pribadi

Berbekal ilmu psikologi dan seni terapan yang ia baca di google, ia pun memberanikan diri untuk datang dan menyamar untuk menjadi guru seni dari Da song. Menurut saya Ki jung sangat ekspresif ketika memerankan karakternya sebagai jessica, tone suara, karakternya, sampai analisisnya ketika menjelaskan sesautu ke Bu park sangat menyakinkan. Inilah yang membuat bu park menangis tersedu-sedu ketika jessica banyak mengatakan sesuatu tentang anaknya Da song.

Hal inilah yang membuat bu park semakin percaya untuk menjadikan jessica sebagai guru seni terbaik yang mengajari dan membimbing anaknya.

Sang Ayah Ki-taek akan menjadi Sopir 

Oke ide ini datang dari sang putri Ki jung yang sangat licik, dengan meninggalkan celana dalamnya di mobil. dan membuka peluang untuk ayahnya bisa bekerja menjadi sopir di keluarga park.

Jadi gini, si jessica atau ki jung diantarkan pulang oleh supir pribadi keluarga park (atas intruksi pak park), Nah dengan liciknya ia meninggalkan celana dalam miliknya di mobil Mercedes Benz pak park.

Keesokan harinya saat ia menaiki mobil, ia menemukan CD tersebut di bawah kursi mobil. Ia pun seketika saat sampai di rumah memberitahu istrinya dan berniat ingin memecat sang sopi.

** Walaupun sebenarnya sang sopir tidak mengetahui hal tersebut, dan Pak park pun tidak menyebutkan alasan tersebut ketika memecat dirinya **

Setelah memecatnya, ia pun curhat dengan Jessica dan menyebutkan bahwa ia sangat membutuhkan seorang sopir secepat mungkin.

Ia kemudian menawarkan Ayahnya agar bisa bekerja untuk keluarga Park sebagai supir, namun Jessica tidak menyebutkan bahwa ia adalah ayahnya. Ia mengada-ada bahwa Ayahnya adalah pamannya yang sudah ia kenal sejak kecil. Dengan gampangnya bu park pun langsung percaya dengan setiap omongan yang dikatakan Jessica.

Kelihaian pak kim dalam mengemudi membuat pak park terkagum-kagum dengan skillnya, bahkan pak kim sudah mengemudi sejak 30 tahun. Inilah yang membuatnya begitu mahir mengemudikan Mercedes benz pak park. Source : Screenshot pribadi

Sampai akhirnya Pak Kim pun resmi bekerja sebagai supir keluarga park, mulai detik itu. Ia pun sangat disukai pak park karena kelihaian dan ketenanganya dalam mengemudikan mobil.

Namun ada satu hal yang Pak park tidak sukai, yaitu bau dari pak kim yang kurang wangi dan menyengat. Namun ini tidak menjadi masalah besar untuk dirinya, ia tetap suka dengan kemampuan mengemudi pak kim. Hal ini akan menjadi boomerang untuk pak park, penasaran? pantengin terus artikel ini

Terakhir, Sang ibu akan menyusul menjadi bagian dari mereka

Ki woo dan Ki Jung merencanakan sesuatu agar bisa menjadikan Ibunya sebagai pembantu rumah tangga dari keluarga park. 

Namun mereka sendiri tahu bahwa rencana ini tidak mudah, sebab keluarga park sudah memiliki pembantu yang bekerja puluhan tahun untuknya. Mereka pun meracik rencana yang matang agar bisa mengeluarkan pembantu tersebut.

Karena sang pembantu memiliki Alergi akut pada buah persik dan akan membuatnya mendapat gangguan pernapasan, asma, dan gejala serius lainnya ketika mencium bau persik. Rencana anaknya in kemudian dimuluskan oleh Ki-taek dan ia mempengaruhi bu park dengan membuat rekayasa bahwa sang bibi terkena TBC. Apalagi ketika bu park melihat bahwa ada darah dari bekas tissue yang digunakan sang pembantu, tentu ini membuatnya kaget dan was was.

** Padahal darah ini adalah saus yang sudah diberikan Pak kim sebelum bu park melihatnya **

Akhirnya bu kim berhasil bekerja menjadi pembantu untuk keluarga park. Source : Screenshot pribadi

Di akhir scane ini, akhirnya sang pembantu pun dipecat oleh bu park. Namun ia tidak memberi tahu suaminya Apa alasannya memecat bibi. Kemudian Bu Kim pun akhirnya bisa masuk ke Rumah keluarga Park sebagai pembantu di rumah tersebut. 

Jadi semua keluarga kim sudah masuk dan bekerja untuk keluarga park semua nih, Selanjutnya apa ya yang akan terjadi? Baik selanjutnya kita akan bahas bagian pentingnya, dibawah ini :

Masalah terjadi kala Keluarga Park tidak ada dirumah

Ini adalah bagian yang membawa cerita ini menjadi cukup powerfull dimana ceritanya cukup membuat para penontotnnya bertanya-tanya. Oke langsung saja.

Keluarga park merencanakan untuk berkemah dan pergi seharian, dalam rangka memberi Hadiah ulang tahun untuk Da song. 

Keluarga kim berpesta pora dengan mabuk-mabukan, bak rumahnya sendiri. Source : Screenshot pribadi

Tentu ini adalah kesempatan buat keluarga kim, berpesta pora, mabuk-mabukan, dan menikmati segala fasilitas mewah rumah dari keluarga park. Ditengah derasnya hujan, tak disangka ternyata ada bel berbunyi, setelah dicek ternyata yang datang adalah Mun-gwang (mantan pembantu), dengan muka yang tampah lusuh dan kedinginan ia izin kepada Bu kim untuk membukan pintu sebab ia ingin mencari barang yang ketinggalan di dalam rumah.

Tak disangka-sangka, ternyata Mun-gwang pergi ke sebuah bunker yang ada dibawah rumah keluarga Park untuk memberikan makan kepada Suaminya. Bak kesamber geledek hal ini membuat Bu kim sangat terkejut, ia bahkan mengancam ingin mengadu hal tersebut ke Pak park. 

** Oh ya, suami dari Mun-gwang ini sudah tinggal di bunker selama 4 tahun, karena dikejar rentenir **

Masalah besar pun terjadi

Nah mungkin bagian ini adalah yang membuat ending cerita menjadi cukup menegangkan. 

Oke, jadi masalah besar ini bermula ketika Pak Kim, Ki woo, dan Ki jung mengintip perseteruan antara mereka di bunker. Ketiga manusia itu tak sengaja tersandung dan jatuh, akhirnya Mun-gwang mengetahui hal ini.

Dengan pintar mun-gwang langsung mengambil Smartphonenya dan merekam kelicikan keempat anggotan keluarga tersebut, dan ia tahu bahwa sebenarnya ini hanya rekayasa mereka.

Saat Mun-gwang dan suaminya mengerjai keluarga kim ketika ia berhasil mengungkap semuanya. Source : Screenshot pribadi

Rekaman video tersebut dijadikan bahan untuk Mun-gwang mengerjai keluarga pak kim. Kuasa rumah tersebut pun diambil alih oleh Mun-gwang dan suaminya. 

Saat mereka lengah, Bu kim pun langsung menendang kursi dan akhirnya mereka berkelahi diwaktu itu.

Masalah selanjutnya datang kembali, ketika bu park menelpon dan mengatakan bahwa dirinya dan keluarga tidak jadi berkemah karena hujan yang sangat deras.

Ia pun terburu-buru membereskan semua kegaduhan terjadi, dan tak lupa menyingkirkan Mun-gwang dan suaminya ke dalam bunker kembali. Ki woo dan Ki jung pun mereka bersembunyi, sementara pak kim masih di bawah bunker untuk menyekap mereka.

Ketika pak kim mengecek kondisi Mun-gwang apakah masih hidup, ternyata masih. Namun beberapa waktu kemudian ia meninggal karena gager otak. Source : Screenshot pribadi

Saat lengah, Mun-gwang pun melarikan diri dengan melewati tangga dan saat sampai diatas, ia ditendang oleh Bu kim hingga terpental kebawah dan kepalanya terbentur dinding. (Inilah yang menjadi masalah besar, sebab pada akhirnya Mun-gwang meninggal karena gegar otak, dan suaminya sangat marah dan berencana ingin membalaskan dendam).

Akhirnya Pak kim, Ki woo, dan Ki jung pulang ke rumah dengan waspada. Tragedi banjir pun menimpa keluarga kim, ketiga keluarganya tersebut saling menyelamatkan harta bendanya. Dan mereka bertiga pun mengungsi didalam sebuah gedung.

Pesta Ulang tahun Da song, menjadi tragedi yang tak pernah terlupakan

Terlihat tamu undangan sudah ramai memenuhi taman, tampak sangat berbahagia dan senang. Source : Screenshot pribadi

Keesokan harinya keluarga  park mengadakan pesta ulang tahun putra bungsunya, acara ini dihadiri rekan-rekan dan sauduaranya. tak terkecuali juga Jessica dan Kevin untuk yang diundang secara khusus, Namun Pak kim dan Bu kim tetap melaksanakan pekerjaannya disana.

Ketika Ki woo sedang berbicara dengan Da-hye di lantai atas, tiba-tiba Ki woo ingin kebawah dengan membawa batu lanskap, ia sebetulnya pergi ke Bunker. Entah apa tujuannya, sepertinya Ki woo ingin membunuh Seseorang yang ada di bunker tersebut, tak lain adalah Mun-gwang dan suaminya. Namun saat menuruni tangga, batu yang ia bawa terjatuh sampai kebawah. 

Keputusan Ki woo untuk turun ke dalam bunker ini sesungguhnya sangatlah fatal, Mengapa? oke kita lanjut lagi

Saat ingin mengambil batu tersebut, leher ki woo di ikat dengan tali oleh suami Mun-gwang, namun ia berhasil kabur ke atas dengan tali yang masih terjerat di lehernya. Saat sampai diatas, tali tersebut tersangkut dan membuatnya terjatuh. Tanpa pikir panjang Geun-se langsung menjatuhkan batu lanskap tersebut ke kepala Ki woo.

Geun-se (suami mantan pembantu) ingin membalaskan dendam dengan menghabisi orang-orang disana.. Source : Screenshot pribadi

Geun-se tidak puas, ia keluar dan mengambil pisau dapur. Ia juga berjalan menuju taman dimana pesta ulang tahun tersebut diadakan, ia langsung berlari dan menusukkan pisau tersebut ke arah Ki jung yang sedang membawakan kue ulang tahun untuk Da song.

Ia pun mengalami pendarahan hebat, sang ayah mencoba menghentikan pendarahannya dengan menutupnya, Namun usaha itu sia-sia.

Di lain adegan ada Geun-se yang sedang berkelahi saling bunuh dengan bu kim. Dan pertarungan bak gladiator tersebut dimenangkan oleh Bu kim dengan terbunuhnya Geun-se.

Selain Ki jung dan Geun se, ternyata yang mengejutkan pak park juga terbunuh saat itu. Pak kim langsung melarikan diri, entah kemana.

Terus terus terus gimana lagi nih kelanjutan ceritanya? hehe oke sabar, mungkin banyak dari kalian juga sudah memiliki banyak pertanyaan.

Akhir dari kemelutnya masalah yang terjadi

Ki woo dan Bu kim dipenjara dengan masa percobaan. Source : Screenshot pribadi

Kini yang tersisa dalam keluarga pak kim, hanyalah Ki woo dan bu kim. Menuju akhir cerita, tokoh Ki woo bercerita di balik suara. 

Mungkin kamu bertanya-tanya kemana pak kim pergi? Saat itu ki woo dan ibunya masih binggung dan tidak mengetahui dimana ayahnya bersembunyi (Pak kim juga menjadi buronan karena telah membunuh pak park).

Ki woo pun berencana ingin mencari sang ayah, salah satu tempat yang ia cari adalah Rumah lama keluarga park. Ia mengamati rumah tersebut dari bukit, dan saat malam tiba ia mendapatkan kode morse dari lampu rumah tersebut.

** Perlu diketahui sakelar lampu ternyata bisa dihidup nyalakan lewat bunker. **

Tentu ini menjadi angin segar unutk ki woo sebab ia sudah tahu dimana ayahnya berada. Lewat kode morse yang diberikan sang ayah, ki woo menulis setiap arti dari pesan yang disampaikannya.

Dan benar, ternyata sang ayah pak kim bersembunyi dibawah bunker tersebut. Ia sengaja membuat pesan lewat kode morse, sebab ia tahu bahwa anaknya ki woo adalah seorang pramuka yang hebat. Setiap hari pak kim memberikan kode ini, berharap anaknya bisa melihat pesan yang ia sampaikan.

Isi dari pesan tersebut tak lain mengabari bahwa dia baik-baik saja dibawah, Ia juga sempat memberitahu bahwa bibi Mun-gwang sudah dikuburkannya dengan layak disamping pohon dekat taman. Selain itu, ia juga bisa makan karena ia menyusup kedalam rumah dan mengambilnya dikulkas, ketika rumah tersebut kosong.

Sebelumnya, rumah penuh kejadian ini dijual kepada keluarga jerman yang baru saja masuk ke korea. 

Rencana Ki woo untuk membebaskan Ayahnya

Setelah ia mengetahui bahwa ayahnya baik-baik saja didalam bunker. Ia menyusun rencana yaitu bekerja dan menghasilkan uang sebanyak-banyaknya, agar bisa membeli rumah tersebut dikemudian hari.

Di scane tersebut, ia ngehalu dulu nih bahwa rumah tersebut sudah dibelinya. disana ia membanyangkan dirinya bisa bertemu dengan sang ayah dan mereka pun berpelukann, Selesaii.

Scane dimana ki woo sudah membeli rumah dan pak kim keluar untuk bertemu dengan putra dan istrinya (HALU) Source : Screenshot pribadi

Pesan Tersembunyi Film Parasite (2019)

Setelah pertama kali saya melihat dan menyelesaikan film ini, saya mempunyai banyak sekali pertanyaan yang menurut saya pertanyaan ini betujuan untuk mengetahui kenapa kok gini, kenapa bisa gini, ini apa, dan lain-lainnya.

Oke mungkin banyak dari kalian juga memiliki hal yang sama seperti saya, sebaiknya kamu nonton dulu deh filmnya lalu kamu bisa baca bagian, sebab tidak akan wah kalau ngga nonton dulu, hehe.

Yhap Film Parasite (2019) dikemas dengan banyak metafor, Ada banyak pesan yang sebenarnya disampaikan Bong Joon Ho selaku pembuat film. Betul sekali, film ini penuh teka-teki dan membuat para penontonnya berpikir.

Apakah batu yang diberi   bkan Min Hyuk awal dari semua ini, apakah ini batu keberuntungan atau apakah sebaliknya.

Kenapa ada bunker dibawah rumah Pak park? dan pertanyaan lainnya. Oke langsung saja kita bahas ini.

1. Poster Film : Mata ditutup

Perbedaan keluarga miskin yang dianalogikan sebagai parasit dan keluarga kaya sebagai inang. Source : matamata.comm

Mungkin banyak yang bodoamat pada hal ini, saya pun juga pertama kali melihat posternya, oh ya mungkin cuman sengaja ditutup aja. Eitss tidak, ada makna tersembunyi dibalik itu.

Jadi ketika kamu perhatikan dengan seksama, warna penutup mata dalam poster ini antara keluarga park dan keluarga kim berbeda kan? warna putih untuk keluarga park dan hitam untuk keluarga kim.

Kedua warna ini sangat berkebalikan, Seperti keluarga pak kim yang penutupnya berwarna hitam, artinya ia adalah dari keluarga parasit dari keluarga lain. Lhoo ko bisa? oke kita baca makna dibawah ini.

Parasite [pa·ra·sit] adalah organisme yang hidup  pada atau didalam makhluk hidup lain (inang) dengan menyerap segala yang ada didalamnya. Atau kata kiasannya, Orang yang hidupnya menjadi beban (membebani) orang lain.


Jadi bisa kita simpulkan bahwa, keluarga kim adalah parasit yang hidupnya menyusahkan orang lain dan keluarga park dengan penutup mata bewarna putih sebagai inangnya (yang ditumpangi parasit).

2. Poster Film : Pasangan mereka

Empat anggota keluarga yang sama, perbedaannya adalah Kaya (diatas) dan Miskin (dibawah). Source : www.dramamilk.com

Pada poster diatas kamu ngeh ngak sih, bahwa pasangan dari keluarga miskin dan keluarga kaya tersebut sudah disamakan. Seperti Jessica-Dasong, Kiwoo-Dahye, Mr. park - Ki taek, dan Yeon Kyo-Chung sook. 

Mereka semua diibaratkan ada diatas Keluarga park dengan senyum yang lebar dirumah mewahnya dan dibawah Keluarga kim dengan muka yang datar dirumah yang lusuhnya itu.

3. Panah mainan yang mengarah ke Kiwoo

Teepee (rumah indiana), yang menandakan rumah ini sebenarnya sudah ditempati dan memiliki pemilik sebelumnya. ibarat Amerika dulu, yang penduduk asilnya indiana namun mereka kedatangan pendatang (diinvasi penjajah).

Panah Mainan yang tiba-tiba mengarah ke depan Ki woo dan Bu park yang sedang berbicara, sontak membuat mereka kaget. Source : Screenshot pribadi

Apakah kamu tahu bahwa pertama kali ki woo masuk dan sambut di rumah mewah ini, ia dikagetkan dengan panah ala suku indana yang mengarah kepadanya. Pada adegan ini sangat jelas bahwa Da song digambarkan sebagai suku indana, Rumahnya adalah amerika, dan Kiwoo adalah penjajahnya.

4. Kaki yang ada pada setiap poster

Dua poster ini nampak memperlihatkan kaki wanita, mungkin ini adalah kaki dari Kijung yang pada akhirnya gugur. Source : Screenshot pribadi

Yhap ada dua poster yang selalu nampak ada kaki disana. Mungkin kamu sudah bisa menebak, bahwa itu adalah mayat.

Jadi poster ini dibuat sedemikian rupa seperti layaknya tempat TKP pada kasus pembunuhan. Seperti yang kamu tahu sendiri akhir dari cerita ini menyebabkan ketiga peran yang hadir dalam film terbunuh. Dan mata mereka yang disensor warna hitam, menandakan bahwa semua yang terlibat baik Pelaku, korban, dan narasumber semua punyahak untuk tidak disebarkan identitasnya, itulah mengapa mereka disensor.

5. Batu Lanskap, Batu keberuntungan?

Gunung batu yang menjadi sumber dimana batu lanskap tersebut. Batu ini konon katanya bisa mendatangkan rejeki. Source : today.line.me

Bong Joon Ho selaku penulis dan sutradara film Parasite menyebutkan bahwa Batu yang ada pada film atau dimiliki oleh keluarga miskin tersebut ada metafornya. 

Ada salah satu poster yang mengartikan, Gunung batu (batu) sedang berseteru dengan air laut. Dimana dalam film itu bongkahan batu tersebut diberikan ke Ki woo supya memberikan keberutnungan dan rejeki. Air tersebut melambangkan banjir yang disebabkan oleh batu, jadi Air ini ibarat keluarga park dan batu adalah usaha Ki woo untuk menjadi kaya dengan cara masuk ke air.

Oke mungkin kamu binggung, jadi nih masuknya Ki woo kedalam keluarga kaya adalah sebuah bencana. batu in juga melambangkan desire usaha untuk menjadi kaya malah akhirnya membawa keserakahan dan mala petaka.

Diakhir cerita juga menampilkan adegan Ki woo yang mengembalikan batu tersebut disungai, dan diwaktu itulah ki woo mulai sadar dan bisa menerima keadaan bahwa dia miskin.

6. Da song, anak penuh kejujuran dan misteri

Ia digambarkan sebagai bocah yang aktif dan usil, namun ia juga cerdas. Ia adalah bocah yang penuh misteri dan tanda tanya. Source : www.indiewire.com

Tokoh Da song atau putra bungsu dari keluarga park ini sebenarnya sangat berpengaruh pada jalannya cerita. Ia adalah anak yang manipulatif dengan segala kelicikannya, kata Kakaknya sendiri Da-hye. 

Namun sebetulnya Da song adalah anak yang sangat jujur, hanya saja ia tidak tahu bagaimana mengungkapkan "bahasa" yang tepat untuk orang dewasa disekitarnya, terutama ayah dan ibunya.

  1. Da song mencium aroma yang sama dari Pak kim dan Bu kim
  2. Lukisan Da song yang mengambarkan wajah parasite yang tinggal di bunker bawah rumahnya (Suami mantan pembantu) yang selalu terlihat di ruang makan.
  3. Kode morse yang ia catat dan terjemahkan lewat kedipan lampu. yang harusnya HELP namun menjadi HOLP, dan pesan pun tidak tersampaikan. Kedipan lampu ini dibuat oleh orang yang ada didalam bunker untuk meminta tolong saat Mun-gwang meninggal.

Itulah beberapa pesan yang ditangkap oleh Dasong.

7. Makna tersembunyi dibalik Tangga

Menggambarkan kondisi tangga yang dinaiki oleh keluarga kaya (Park Family) dan menuruni tangga oleh keluarga miskin (Kim Family) Source : www.andrew-bannister.com

Apakah kamu sadar bahwa kedua keluarga ini memliki berbedaan pada tangga yang mereka lewati sehari-hari. Jika keluarga park mungkin dengan segelimpah hartanya ia memiliki ciri khas menaiki tangga pada rumah mewahnya yang didesain langsung oleh arsitek kenamaan bernama Namgoong.

Sedangkan keluarga kim, selalu menuruni tangga. Kita bisa lihat pada beberapa adegan dimana tempat untuk menuju ke rumah pak kim sangat jauh dibawah dan perlu waktu untuk menuruni banyak tangga. Tempat tinggal sebagaimana yang ditinggali keluarga kim ini adalah Banjiha (tempat tinggal di ruang semibawah tanah), ini adalah tempat rata-rata penduduk fakir-miskin di Seoul.

Jadi makna tangga pada Film Parasite ini adalah Perwujudan posis kedua keluarga tersebut Orang kaya akan selalu menaiki tangga seperti yang digambarkan, sedangkan orang miskin akan selalu menuruni tangga.

8. Analogi Hujan orang kaya dan orang miskin

Makna dari hujan dalam film ini sangat dalam sekali. Jika bagi si kaya, hujan adalah sebuah berkah, berbeda dengan si miskin yang menganggap hujan sebagai sebuah malapetaka yang menyebabkan bencana.

(atas) Bagi keluarga pak park hujan adalah berkah, sebab dengan turunnya hujan polusi akan berkurang. (bawah) Namun untuk keluarga pak kim, hujan malah menjadi bencana untuknya. Source : twitter.com/nabilersyad

Seperti yang terjadi pada film ini, dimana beberapa kali keluarga pak park menyebutkan bahwa hujan adalah sebuah keberkahan karena polusi udara menjadi berkurang. Namun yang terjadi dengan keluarga pak kim berbeda, ia malah diterjang banjir karena derasnya hujan yang melanda. Banjir ini adalah banjir muson seperti yang digambarkan dalam film ini yang umumnya paling merusak tipe tempat tinggal yang dihuni oleh keluarga kim (semi bawah tanah).

9. Mengapa Pak kim (Ki-taek) membunuh Pak Park?

Ini adalah pertanyaan yang juga muncul dibenak saya, kenapa ya dia membunuh majikannya tersebut, padahal kalau kita lihat-lihat tidak ada masalah antara mereka. Humm, kira-kira apa? Oke-oke saya sebetulnya sudah tahu jawabannya, oke kita bahas ini.

Yang menyebabkan Pak park terbunuh adalah karena ia sering menghina bahwa tubuh pak kim sangat menyengat. Analogi pada film Parasite ini sangat menunjukan social class gap yang teramat. Yhap betul, pak park sangat tidak menyukai "Bau orang miskin", terbukti ketika beberapa adegan yang menunjukkan pak park menghina berkali-kali pak kim bahkan saat dibelakangnya.

Gasture menutup hidung khas dari pak park. Ia juga sering menghina bau badan dari pak kim. Inilah jam waktu untuknya. Source : zula.sg

Sesaat ketika ia terbunuh ia juga menunjukkan gesture menutup hidung saat mengambil kunci yang dilempar pak kim, namun malah tertindih dibawah badan Geun se (yang dianggap ia adalah seorang gelandangan gila).

Karena Pak kim memiliki rasa dendam dan kemarahan atas perilaku pak park yang menunjukkan rasa jijik setelah mencium bau badannya, ia kemudian berlari dan menusuk pak park, samapi tewas.

Pertanyaan-Pertanyaan...

Nah dibawah ini saya akan memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ada dibenak kalian, ini pun juga ada dibenak saya ketika pertama kali menonton film Parasite (2019), berikut rangkumannya :

Rumah sebesar itu kok cuma hanya ada satu CCTV, dan itupun hanya diluar rumah. faktanya, orang kaya di Korea Selatan sangat menjaga betul privasinya. CCTV dianggapnya sagat membuat hidup tidak nyaman, sebab mereka akan merasa diawasi. Jadi hanya ada satu disana, di ending cerita pun CCTV tersebut diputus kabelnya oleh Mun-gwang sehingga menghilangkan jejak kemana pak kim menghilang.

banyak rumah mewah di Korea selatan yang mempunyai ruang persembunyian bawah tanah. Ruangan ini bertujuan agar si pemilik bisa berlindung dari serangan Nuklir.

Jadi ceritanya mantan pembantu ini atau Mun-gwang, adalah pembantu yang sudah lama menetap dirumah tersebut, bahkan sebelum keluarga park tinggal di rumah itu. Ia dulu menjadi pembantu arsitek Namgoong untuk merancang rumah itu, namun Namgoong pindah.
Pemilik rumah pindah, Pembantu masih tetap sama, yaitu Mun-gwang. Jadi yang mengetahui ada bunker dibawah tanah hanyalah dirinya.

Eitss sebenarnya Ki woo dan ibunya tidak didakwa dengan kasus pembunuhan, jadi hukumannya tidak terlalu berat. Dakwa yang diterima keduanya adalah kasus pemalsuan dokumen dan asuk ke rumah orang lain secara ilegan. Karena hal itulah mereka hanya menjalani hukuman percobaan.


Kesimpulan dari Film Parasite (2019)

Kesenjangan sosial yang ada dalam film ini digambarkan dalam visualisasi yang sangat tampak dan abstrak. Judul "Parasite" ini diambil karena memiliki makna ganda. Bong Joon-ho mengatakan :

"Karena cerita film ini mengenai keluarga miskin yang menyusup ke dalam rumah keluarga kaya, Dan nampaknya sangat jelas bahwa Parasite ini mengacu kepada keluarga miskin, dan saya pikir itu sebabnya tim pemasaran kami agak ragu. Namun pada akhirnya jika anda melihatnya dengan cara lain, anda dapat mengatakan bahwa keluarga kaya sebetulnya juga parasite dalam hal pekerjaan. Mereka (keluarga kaya) bahkan tidak bisa mencucui pirang sendir, menyetir sendiri, sehingga mereka adalah lintah dari pekerjaan keluarga miskin, Jadi kedua keluarga tersebut adalah Parasite."


Jadi maksud dari sang sutradara sekaligus penulis film Parasite ini adalah, hubungan si kaya dan si miskin yang merupakan lingakaran simbiosis parasitisme yang sulit untuk dihindari.

Yeahh saya sangat puas sekali ketika selesai meonton film Parasite (2019) ini, Alur ceritanya dikemas dengan sangat pintar dan sanggup menghipnotis para penonton hingga terbawa suasana. Saya juga bisa mengatakan Film ini emmang sangat pantas untuk mendapatkan banyak sekali pengharagaa (terbukti kan), film ini penuh dengan pesan moral yang diracik secara pintar dan taktis. 

Terbuktikan dengan kesuksesan Parasite (2019), film ini ditayangkan diberbagai negara di dunia dan sanggup meraup keuntungan yang banyak.

0 Response to "Review Lengkap Parasite (2019), Kelas Sosial Si miskin dan Si kaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel