7 Tips Memilih Apartemen pertamamu dengan ideal, Biar ngak salah!

cara memilih apartemen

Pertumbuhan penduduk yang semakin hari semakin meningkat, memaksa beberapa sektor kebutuhan juga harus meningkat seperti kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Untuk manusia diera modern ini tentu kebutuhan papan menjadi kebutuhan yang mendasar bagi setiap orang, mengingat hal ini dapat dijadikan sebagai tempat tinggal, tempat istirahat, tempat yang dapat melindungi kita. Nah hal ini tentu juga di ikuti dengan tren Investasi kepemilikan properti yang juga banyak digemari, Salah satunya adalah Apartemen.

Perlu kamu tahu dulu, Apartemen adalah bangunan tempat tinggal bertingkat yang diamana didalamnya terdapat unit-unit hunian yang berbentuk ruangan yang isinya seperti Ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur, Selain itu ada juga fasilitas yang disediakan untuk para pengghuninya.

Apartemen ini menjadi salah satu properti yang perkembangannya cukup pesat sekali di indonesia. Apalagi di daerah perkotaan sana, tentu tempat tinggal seperti Apartemen menjadi salah satu pilihan yang tepat dan praktis. Untuk kamu yang fokus bekerja atau bersekolah tentu tempat hunian seperti ini sangat pas sekali, berbeda dengan Rumah yang biasanya kita tinggali dimana membutuhkan banyak keterlibatan untuk merawatnya. Kalau apartemen kamu akan mendapatkan hal-hal atau fasilitas yang sudah disediakan dari pihak Developer.

Nah untuk memilih Apartemen ini bukan hal yang gampang dan begitu saja, mungkin diperlukan beberapa hal-hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk meyewa Apartemen pertamamu. 

7 Tips Memilih dan Menyewa Apartemen dengan Baik dan Benar untuk Pemula

Dibawah ini kita akan bahas secara lengkap rangkuman tentang tips memilih Apartemen dengan baik dan tepat.

1. Tentukan Lokasi Apartemen yang teliti

tips menentukan lokasi apartemen

Jangan remehkan hal satu ini, sebab lokasi sangat penting untuk diperhatikan. Pemilihan lokasi yang baik dan benar tentunya akan membuat hidup kamu ketika tinggal. Tak hanya itu lokasi apartemen juga mempengaruhi aspek-aspek lainnya, jangan lupa perhatikan juga kondisi daerah disekitar hunian anda. Apakah daerah tersebut rawan tindak kriminal atau kejahataan, selain itu lihat juga dasilitas yang ada disekitar kawasan hunian. Nah dibawah ini saya akan memberikan beberapa poin yang harus kamu perhatikan agar keberlangsungan hidup kamu di Apartemen menjadi lebih praktis lagi dan mudah.

  • Pilih lokasi yang dekat dengan tempat bekerja, nah hal ini sangat penting sekali sebab jika anda adalah seorang pegawai atau eksekutif muda, menetukan lokasi yang dekat dengan tempat kamu bekerja sangat wajib. Selain karena menghemat waktu, biaya yang dikelaurkan untuk menuju ke kantor mungkin lebih sedikit pengeluarannya.
  • Keamanan lokasi dikawasan Apartemen, Ketentaraman hidup ditempat hunian menjadi hal lain yang harus kamu perhatikan. Tips saya silahkan lakukan survey di internet mungkin, untuk menterlusuri jejak apa saja yang ada di kawasan hunian kamu, seperti tindakan kejahataan atau persitiwa tidak mengenakkan yang pernah terjadi.
  • Lokasi yang dekat dengan fasiliatas publik, Hal ini tentu sangat berpengaruh sekali apalagi untuk menunjang kehidupan kamu dikota. Pilihlah lokasi yang terjangkau dari tempat ATM, pusat pembelajaan, rumah sakit, sekolah, dan lain sebagainya.
  • Tingkat polusi suara dan kebisingan, Siapa sih yang pengen apartemennya tenang dan minim kebisingan. Oke jadi masalahnya bukan tentang apartemen dekat dengan bandara atau jalan raya, tetapi carilah apartemen yang memiliki dinding yang kedap suara.

Jadi jangan lalaikan hal ini, sebab aspek-aspek seperti itu bagaimanapun dapat berakibat pada kondisi keuangan, ketentraman, bahkan kenyamanan, dan kesehataan dari penghuni.

2. Tentukan bagaimana model apartemen

tips menyewa apartemen dengan baik

Tidak kalah penting dari lokasi, model apartemen yang baik dan tepat untuk anda maka akan berpengaruh juga pada kenyamanan anda ketika tinggal. Perhatikan beberapa hal seperti Jenis bangunan, desain apartemen, fasilitas internal yang disediakan, sampai ukuran dan luas unit apartemen.

Di indonesia saat in banyak sekali konsep apartemen dengan bangunan yang beragam, seperti.

  • Ada yang menyediakan ruang hijau dan beberapa elemen alam lebih banyak digedung apartemennya, ini merupakan konsep mixed-use developmen dimana area hunian dekat dengan segudang fasilitas.
  • Ada juga untuk kamu yang senang shoping, maka apartemen yang memiliki mal dalam lingkungannya mungkin menjadi pilihan yang sangat ideal untuk kamu.
  • Selain itu untuk permula yang belum mengetahui, terdapat tiga jenis apartemen yang ada. Yakni full furnished (sudah siap huni), unfurnished (tidak ada furniture sama sekali), dan semi furnished (ada beberapa furniture yang ada).
  • Ada pula macam-macam ukuran apartemen yang tersedia, mulai dari studio 22m2, 1 kamar tidur 34m2, ada juga dua akmar tidur 39m2, dan lain sebagainya.

Maka kesimpulannya, carilah tipe model apartemen yang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Carilah yang paling pas dan tepat untuk anda ketika menghuninya, pertimbangkan berbagai macam aspek agar ketika tinggal kamu lebih nyaman dan praktis.

3. Ketahui harga sewa apartemen

panduan memilih apartemen

Jika kamu ingin mencari Apartemen dengan harga sewa yang worth it, fasilitas yang oke, serta lokasi yang strategis pasti sudah masuk dalam perencanaan. Nah jangan ketinggalan untuk memikirkan tentang harga sewa dari apartemen.

Sebenarnya hal ini bisa kamu lakukan dengan melihat website seperti sewa-apartemen.net, agar ketika kamu memilih apartemen maka kamu bisa sekalian nih lihat harga sewa baik itu dalam bulanan maupun langsung setahun.

Selain bisa lewat webiste, kamu juga bisa bertanya langsung kepada developer, jangan malu untuk bertanya mengenai harga. 

Setelah kamu mendapatkan apartemen yang pas dengan harga yang sesuai keinginan, jangan langsung menyewanya. Bandingkan terlebih dahulu, seperti ketika membeli sesuai sudah menjadi hal yang wajib untuk melihat harga di pasaran, begitu pula dalam memilih apartemen.

Lakukan lah riset kecil-kecilan dan ketahui informasi sebanyak-banyaknya seputaran apartemen dilokasi yang sama seperti yang anda incar. Filter lokasi-lokasi besar yang ada disekitarannya dan bandingkan harga yang cocok.

4. Cari tahu kredibilitas dan Treck Record dari Pengembang

cara menyewa apartemen

Jangan asal beli tanpa menegethaui siapa dan bagaimana sisi lain dari Developer. Pelajari betul rekam jejak atau reputasi dari developer, pertimbangkan jika anda membeli sebuah apartemen, maka 100% anda akan bergantung penuh pada developer. Pernah ada banyak kasus bangunan apartemen yang ditinggali terlantar karena developer yang bermasalah, tentu kamu tidak mau kan seperti ini?

Anda harus mengetahui kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Selain itu hal lain yang mungkin harus kamu perhatikan adalah sertifikat seperti Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki developer, ada juga surat izin prinsip, surat izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan ada lagi Surat Izin Penggunaan Penunjuk Tanah (SIPPT), terakhir jangan lupa cek seritifkat yang nantinya akan anda terima yakni Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS).

Hal itu perlu sekali diperhatikan, sebab kamu tidka mau kan hal-hal tidak mengenakan datang ketika anda lagi nyaman-nyamannya tinggal di apartemen.

5. Cek Izin dan Legalitas Bangunan Apartemen

cara menyewa apartemen dengan benar

Selain memeprhatikan kredibilitas dari pihak developer, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah status tanah dari bangunan apartemen tersebut. Pastikan betul bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan bukanlah tanah yang tidak sah, atau tanah sengketa dan masih berstatus sewa. Dan pastikan juga dokumen tidak bermasalah, seperti menjadi jaminan daripada pihak bank.

Jangan remehkan juga soal ini, bila perlu anda bisa minta bantuan kepada notaris atau pemerintah dari daerah setempat sebelum deal dan melakukan transaksi. Dan sebaiknya juga, anda memilih apartemen denagn sistem kepemilikan Strta Title yang dapat memungkinkan kepemilikan bersama secara horizontal, disamping kepemilikan secara vertikal. Maksudnya dalam garis besar hal ini diartikan sebagai, Hak bersama atas tanah bersama dalam satu kawasan apartemen, hak bersama atas bagian bersama, dan hak bersama atas benda bersama.

6. Tanyakan Fasilitas pendukung yang tersedia

panduan memilih apartemen dengan ideal

Ketika anda memiliki rencana untuk membeli dan menyewa apartemen tentu anda sudah memiliki bayangan menenai apartemen idaman yang anda impi-impikan. Selain melihat dari sisi kemewahan, jangan lupa juga pikirkan tentang fasilitas pendukung yang disediakan developer untuk menjamin keberlangsungan hidup penghuninya agar tetap nyaman tinggal di apartemen. Nah dibawah ini saya akan mememberi tahu anda beberapa fasilitas yang mungkin wajib ada ketika anda tinggal di apartemen. Berikut.

  • Fasilitas keburgaran/ Fitness, di era pandemi seperti saat ini tentu kebugaran dan kesehatan sangat sangat diperlukan. Lebih baiknya carilah apartemen yang memiliki tempat khusus seperti Fitness, sebenarnya hal ini sudah banyak ada di aprtemen-apartemen yang ada di kota besar, dimana ada alat-alat kebugaran yang lengkap, seperti Jogging treck, bicycle treck, jacuzzi, kolam renang, yoga, dan lain sebagainya.
  • Fasilitas hiburan, untuk refreshing dan hiburan anda maka tempat dan fasilitas ini sangat diperlukan. Saat tidak sedikit juga aprtemen yang memiliki sarana rekreasi dan hburani baik bagi orang dewasa maupun anak-anak, seperti contoh ada apartemen yang terintegarasi oleh taman hiburan, pusat pembelanjaan, dan lain sebagainya.
  • Fasilitas keamanan, ini adalah hal yang harus anda perhatikan. Sebaiknya anda mengecek dan bertanya kepada pihak developer mengenai tipe akses kemanan yang dimiliki. Pastikan untuk kemanan yang lengkap ini tersedia, seperti CCTV disetiap penjuru ruangan, security pada setiap akses yang beroperasi dalam 24 jam, dan lain lain.
  • Fasilitas lain yang mungkin harus ada seperti, Fasilitas ibadah, akses yang terintegrasi ke fasilitas umum, penjunag gaya hidup, area parkir, dan lain sebagianya.

Sebelum anda benar-benar sudah ingin membeli apartemen, pastikan pihak developer tersebut memberikan informasi yang lengkap dan juga jelas menegenai fasilitas yang disediakan.

7. Perhatikan juga informasi Biaya dari Apartemen

cara memilih apartemen dengan ideal

Perlu anda ketahui juga, biaya yang dikeluarkan ketika anda tinggal di apartemen bukan hanya biaya sewa bangunan saja. Melainkan biaya lain yang harus anda tinggal saat diapartemen. Dibawah ini saya akan berangkumnya dalam beberapa hal, berikut.

  • IPL (Iuran Pengelola Apartemen) : biaya ini disebut juga dengan maintenance fee atau service fee. Biaya ini biasanya tercantum dalam PPJB (Perjanjian Pengikatan Jaul Beli), biaya dalam perhitungan biaya Rp X per meter persegi. Semakin luas unit apartemenmu, maka akan semakin mahal pula IPS yang harus dibayarkan.
  • Sinking Fund : Pegertiannya mirip dengan IPL, hanya saja sinking fund ini lebih fokus ke pemeliharaan fasilitas yang rusak, sementara kalau anda tahu IPS adalah perawatan fasilitas bersama. Sinking fund ini misalnya ketika flafon unimu mengalami kerusakan, kaca mengalami kerusakan, dan lain sebagainya.
  • Biaya Parkir : Ini khusu untuk anda yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dan montor. Ketentuan dari setiap apartemen mungkin berbeda-beda untuk urusan ini. Ada aprtemen yang menggratiskan biaya parkir, ada juga jatah satu parkir kendaraan yang gratis namun untuk kendaraan kedua ada biaya tambahan, atau biaya parkir bulanan untuk semua kendaraan. 
  • Biaya biaya lain yang mungkin ada adalah, Biaya Listrik, Biaya dekorasi dan renovasi, Laundry, Biaya air, dan lain sebagainya.

Sebenarnya hal-hal diatas hanya umum saja, ada sebagain apartemen yang tidak mewajibkan membayar beberapa hal diatas, namun ada juga yang mengaruskan penghuninya untuk membayar. 

Siap Sewa Apartemen Pertamamu dengan tepat?

Nah setelah semua tips-tips diatas kamu baca dengan cermat, maka tahap selanjutnya adalah memikirkan kembali apakah benar-benar Apartemen tersebut yang ingin kamu beli, atau mungkin kamu sedang binggung ingin membeli yang mana.

Sebenarnya hal itu wajar saja, sebab saat ini terutama di Indonesia banyak sekali Apartemen-Apartemen yang ada, kamu tidak bisa tentunya hanya berpikir selama 5 menit kemudian langsung membeli Apartemen. Sebab hal ini dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang, agar kualitas Apartemen yang nantinya kamu beli tepat dan tidak kecewa diakhir. Hal-hal diatas perlu sekali kamu perhatikan, jangan sampai lewatkan satu pun, mulai dari Lokasi yang strategis, harga yang pas, fasilitas dan keamanan yang terjamin, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara menyewa Apartemen?

Untuk kamu yang binggung nih ingin memilih Apartemen yang mana, tenang. Saya ada rekomendasi Situs Sewa Apartemen yang cocok untuk kamu, agar ketika memilih Apartemen tidak kebingungan lagi.

situs sewa apartemen terbaik

Sewa-Apartemen.net memiliki berbagai fitur yang memudahkan para pengujungnya untuk memfilter Apartemen-Apartemen yang ada di indonesia, seperti Memilih lokasi dengan mudah dimanapun kamu tinggal, entah di Jakarta, Semarang, Malang, Tangerang, Surabaya, dan seluruh wilayah di indonesia. Situs ini dapat memfilter apartemen terbaik yang ada di wilayah tertentu.

Selain itu kamu juga bisa melihat detail-detail fasilitas yang disediakan, deskirpsi lokasi, harga sewa, serta ada juga informasi kontak yang dilampirkan. Hal ini tentu sangat memudahkan sekali untuk kita yang masih awam dan tidak tahu mana apartemen yang cocok dan pas untuk kita. 

0 Response to "7 Tips Memilih Apartemen pertamamu dengan ideal, Biar ngak salah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel