Inilah 7 Macam Macam Kebudayaan yang ada di Indonesia


Di indonesia sendiri terdapat bermacam-macam kebudayaan yang beragam dan memiliki karakteristik tersendiri, Secara arti Budaya Indonesia adalah seluruh Kebudayaan baik Nasional, Lokal, Ataupun Kebudayaan asal asing yang telah ada di indonesia sebelum indonesia merdeka.

Sudah di singgung di atas, Bahwa kebudayaan yang ada di indonesia meliputi dua yaitu Kebudayaan Nasional dan Kebudayaan Lokal/ Daerah. Kebudayaan Nasional adalah Kebudayaan yang di akui sebagai Identitas Nasional, Sedangkan Kebudayaan Daerah adalah kebudayaan yang tercermin dari berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh indonesia.

Maka dari itu pasti setiap daerah yang terdapat di indonesia pasti memiliki Sebuah Ciri Khas kebudayaannya tersediri.



Macam Macam Kebudayaan di Indonesia


Di indonesia terdapat 34 Provinsi yang tersebar, dan masing-masing daerah pastinya memiliki sebuah Ciri khas dan karakteristik kebudayaannya sendiri.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan mempelajari semuanya tentang Macam-macam Kebudayaan yang terdapat di indonesia, Inilah beberapa kebudayaan tersebut, Lets Start


1. Suku Bangsa

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : catatanindonesia

Ada lebih dari 300 Suku Bangsa yang ada di indonesia, Menurut data dari Sensus BPS tahun 2010 jumlah suku yang terdapat di indonesia yaitu 1.340 suku bangsa. Suku bangsa di indonesia saat ini memang tidak mutlak atau tidak jelas karena Ada beberapa faktor seperti Perpindahan penduduk dua Percampuran budaya.

Kondisi di atas menyebabkan Beberapa kelompok suku di indoensia tidak jelas akan keberadaannya. Di indonesia sendiri banyak sekali Suku-suku besar dan mempunyai banyak sekali populasi, ada juga suku terpencil yang masih tersebar di indonesia.

Suku Jawa dan Suku Sunda merupakan dua kelompok suku terbesar saat ini yang ada di indoensia, keduanya memiliki populasi di atas 35 juta. Jumlah ini tentunya akan semakin bertambah dan bertambah, data di atas menerangkan berdasarkan Data dari Sensus pada 2010.

Kedua suku di atas hanyalah sebagaian saja, maka dari itu kalau kita memperhatikan dan menjelajahi lebih dalam isi kebudayaan suku bangsa di indonesia saat ini,maka kalian akan menemukan banyak sekali kelompok etnik atau suku bangsa yang tersebar di indonesia.

Berikut beberapa Contoh Suku Bangsa di Indonesia :
  • Suku Dayak
  • Suku Betawi
  • Suku Batak
  • Suku Jawa
  • Suku Sunda
  • Suku Madura
  • Suku Bugis

2. Upacara Adat

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : Wajibbaca.com

Yang kedua adalah kebudayaan Upacara Adat, Upacara adat merupakan salah satu bentuk tradisi yang sifatnya Turun-temurun, Kebudayaan ini selalu di laksanakan dengan tertib dan teratur menurut Ada kebiasaan setiap masyarakat di wilayahnya.

Biasanya upacara adat di lakukan masyarakat dalam bentuk rangkaian suatu aktivitas permohonan sebagai salah satu ungkapan rasa terimakasih.

Unsur-unsur yang ada di Upacara adat, meliputi beberapa kategori seperti Pelaku upacara yang meliputi pemimpin dan peserta upacara, Waktu pelaksanaan upacara, Tempat upacara, Benda atau peralatan yang di gunakan saat upacara, dan lain-lain.

Kalau kita gali lebih dalam lagi Upacara adat mempunyai beberapa nilai-nilai seebagai sebuah perwujudan dan sistem kepercayaan masyarakat, antara lain nilai-nilai Universal, Religius, Suci, Bernilai sakral, dan di lakukan turun-temurun dan menjadi sebuah kekayaan kebudayaan nasional.

Upacara adat juga memiliki jenis-jenis tertentu, kalau di indonesia sendiri jenis upacara adat meliputi, Upacara Perkawinan, kematian, pemujaan, kelahiran, penguburan, dan lain-lain.

Untuk upacara adat tradisioal yang di laksanakan oleh masyarakt indonesia cukuplah bermacam-macam dan memiliki nilai tersendri, berikut beberapa contohnya
  • Dugderan (Semarang, Jawa tengah)
  • Tabuik (Sumatera barat)
  • Ngaben (Bali)
  • Gawai Dayak (Dayak)
  • Mapasilaga tedong (Toraja)
  • Nadran (Cirebon)

3. Rumah Adat

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : Borneo Channel

Rumah adat atau Rumah tradisional adalah rumah yang di bangun dengan satu cara yang sama oleh setiap generasi ke generasi tanpa ada perubahan seikit pun. Setiap rumah adat pastinya memiki Satu ciri khas khusus dan memiliki makna setiap bagiannya.

Rumah adat juga merupakan representasi salah satu kebudayaan yang paling tinggi di dalam suatu suku atau komonitas masyarakat, Sudah saya singgung di atas bahwasanya Setiap bangunan dalam rumah adat selalu memiliki arti atau makna yang mendalam dan penting padda perspektif sejarah, warisan, dan juga kemajuan pada masyarakat dalam sebuah peradaban.

Di indonesia, rumah adat selalu mempertahankan artiteksurnya sendiri sesuai ciri khas daerah tersebut, dari segala ukiran, bentuk, selalu memiliki sebuah makna nya tersendiri.

Pada jaman dahulu, kalau kita lebih pelajari bahwa pada saat itu rumah adat yang indah umumnya hanya di miliki oleh para keluuarga kerajaan atau ketua adat setempat, untuk kontruksinya pun juga di perhatikan dari segi pengerjaan, pemilihan kayu, dan tenaga ahli yang ikut membantu proses kontruksinya.

Walau rumah adat merupakan peninggalan dari nenek moyang kita namun sampai sekarang nama dan simbol budayanya tetap di pertahankan dan dilestarikan. Untuk macam atau contoh rumah adat yang ada di indonesia, sangatlah bermacam-macam, oke ini dia beberapa contohnya :
  • Rumah adat Gadang (Sumatra Barat)
  • Rumah adat Limas (Sumatra Selatan)
  • Rumah adat Joglo (Jawa tengah)
  • Rumah adat Badui (Banten)
  • Rumah adat Honai (Papua)
  • Rumah adat Buton (Sulawesi Tenggara)


4. Pakaian Adat

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : Organicvoluteers

Pakian adat meruapakan Salah satu kekayaan budaya yang di miliki oleh indonesia, Kita tahu sendiri bahwa di indonesia terdapat banyak sekali suku-suku dan provinsi maupun wilayah yang tersebar dari sabang sampai merauke, nah oleh karena itu setiap wilayah pastinya memiliki kebudayaan yang naman nya Pakaian Adat.

Setiap wilayah memiliki pakian dengan ciri-ciri tersendiri, untuk bahan pembuatannya pun pasti berbeda-beda, Kegunaan pakaian adat saat ini tidak lagi di gunakan untuk kehidupan sehari-hari melainkan hanya untuk hal tertentu yang sekiranya perlu untuk di pakai, seperti Upacara adat, Perkawinan, Pertunjukan daerah, Karnaval, Tarian, dan Sebagainya.

Berikut ini beberapa contoh pakian adat yang ada di indonesia
  • Pakaian adat Ulee Balang (Nanggore Aceh Darussalam)
  • Pakaian adat Perang (Kalimantan Barat)
  • Pakaian adat Kebaya (Jawa Tengah)
  • Pakaian adat Pesa'an (Jawa timur)
  • Pakaian adat Laku Tepu (Sulawesi Utara)


5. Bahasa Daerah

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : Rencong Post

Yang satu ini mungkin banyak sekali, Maksudnya terdapat banyak sekali bahasa yang tersebar di indonesia, Bahkan tercatat sampai 671 bahasa daerah berdasarkan data pada Januari 2019. Setiap daerah pasti selalu memiliki Bahasa daerahnya sendiri, Pengucapan dan logat nya pasti berbeda-beda toap daerah.

Setiap provinsi di indonesia tercatat menggunakan beberapa bahasa lain dan bukan hanya satu saja, Contohnya yang paling banyak di Provinsi papua sendiri setidaknya menggunakan 395 bahasa daerah. Provinsi DIY merupakan salah satu provinsi yang tercatat hanya menggunakan 1 bahasa daerah saja.

Kita bisa tahu sendiri, bahwa setiap daerah atau provinsi tidak hanya menggunakan satu bahasa saja, Walaupun indonesia sangat kaya akan keberagaman bahasanya kita sebagai Pribumi juga harus menjunjung tinggi bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Karena begitu banyaknya bahasa dan kesamaan bahasa pada setiap daerah jadi untuk menulisnya pasti akan mengulur waktu, untuk itu kalian bisa langsung masuk ke Daftar Lengkap bahasa Daerah di Indonesia


6. Tarian

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : RomaDecede

Tarian adalah aset berharga yang di miliki oleh indonesia saat ini, Keberagaman dan kekayaan yang di miliki oleh Tanah air seakan-akan memunculkan banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari sabang sampai merauke. Setiap negara pastinya memiliki ciri khas kebudayaannya tersendiri seperti Tarian, di indonesia pun kebudayaan tari juga sangat beragam.

Sebagai negara yang berbentuk kepulauan, indonesia memiliki ragam tari daerah yang patut kita lestarikan agar generasi-generasi selanjutnya dapat mengetahui peninggalan nenek moyang kita yang sangat amat berharga. Tari daerah merupakan suatu identitas bangsa, penuh dengan makna dan pesan yang tersirat dalam setiap gerakan tari.

Biasanya tari daerah di pandu oleh bunyi-bunyian dari alat musik tradisional, Saat ini kebudayaan tari di indonesia terus berkembang dan di lestarikan turun-temurun, Semakin berkembangnya ini menempakkan kemajuan dari segi pakaian yang di kenakan, filosofi yang terkandung di dalamnya, segi gerakan, dan sebagainya.

Di indonesia saat ini terdapat lebih dari 350 tarian dari berbagai daerah, Hampir setiap daerah di indonesia memiliki tarianya masing-masing, Berikut ini adalah beberapa Nama-nama tarian daerah yang ada di tanah air :
  • Tari Saman (Aceh)
  • Tari Pendet (Bali)
  • Tari Kecak (Bali)
  • Tari Jaipong (Jawa Barat)
  • Tari Piring (Sumatera Barat)
  • Tari Reog Ponorogo (Jawa Timur)

7. Musik Tradisional

macam macam kebudayaan indonesia
sumber foto : Jurnal Tyah

Seni musik yang ada di nusantara merupakan salah satu kebudayaan turun-temurun yang selalu berkembang dari jaman ke jaman. Dari musik seseorang dapat merasakan emosinya dan mengekspresikan diri melalui lantunan suara, dan juga suara vokal maupun suara musik.

Di indonesia sendiri musik tradisional menjadi warisan dari nenek moyang setiap suku dan hingga saat ini terus di jaga dan di lestarikan.

Setiap daerah atau siku pastinya memiliki instrumen musik yang berbeda-beda dan juga pastinya memiliki keperluan yang berbeda pula. Bahasa yang biasanya di gunakan dalam musik tradisional, juga menggunakan bahasa daerah setiap syairnya.

Berikut ini beberapa contoh musik tradisional yang ada di indonesia :
  • Musik Gambang kromo (Betawi)
  • Musik Keroncong
  • Musik Karang Dodou (Kalimantan Timur)
  • Musik Senandung Jolo (Jambi)
  • Musik Goong Renteng (Sunda)
  • Musik Goong Luang (Bali)

Baca Juga :


Kesimpulan


Begitulah 7 macam kebudayaan yang ada di indonesia, setelah membaca artikel di atas artinya kalian sudah ikut mempelajari kebudayaan tapi jangan hanya mempelajarai hendaknya kita juga harus melestarikannya agar kebudayaan dan kekayaan yang di miliki oleh Negara kita dapat terjaga dan teteap utuh sampai ke generasi-generasi selanjutnya.

Sampai sudah di akhir artikel kali ini tentang Beberapa macam-macam kebudayaan yang ada di indonesia, semoga bisa menjadi sebuah pelajaran dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sekian dan Terimakasih. [putarmuter]
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Inilah 7 Macam Macam Kebudayaan yang ada di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel