Mana Yang Paling Tua? ini Dia 10 Klub Sepak Bola Tertua di Liga 1 2019

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Ajang Sepak bola sudah dikenal lama di dunia, Ajang ini biasanya mempertemukam 2 Tim yang akan bertanding di suatu Lapangan, Biasanya ajang resmi Sepak bola ini sudah memiliki Perangkat Pertandingan Tersendiri untuk mengatur berjalannya pertandingan dan juga Peraturan yang digunakan saat berjalannya Pertandingan. 

Apalagi dengan Adanya Kompetisi Sepak bola, Setiap Tim berhak untuk berjuang meraih Peringkat dan Juara.

Di indonesia Sendiri Komepetisi sepak bola nasional di selengarakan pertama kali secara Amatir (Perserikatan), Kompetisi ini berlangsung Hingga 1979. Dan pada akhirnya diperkenalkan Kompetisi Liga Sepak Bola Utama.

biasa dikenal Galatama, Kompetisi Galatama ini berlangsung 1979 sampai 1980, Galatama sendiri adalah salah satu kompetisi Semi-Professional dan Profesional di Asia (kecuali Hong Kong). 

Dan pada tahun 1994, PSSI Menggabungkan Kompetisi Perserikatan dan galatama menjadi satu dan membentuk Liga Indonesia, Kondisi ini di latarbelakangi karena PSSI ingin memajukan kualitas sepak bola di indonesia kala itu.

Pada kala itu PSSI mulai menyelanggarakan Kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) sebagai Liga sepakbola Profesional pertama di inonesia, dan Ini menggantikan Divisi Utama sebagai Kompetisi tingkat teratas di Ajang Kompetisi sepak bola di indonesia pada waktu itu.

Dan sampai saat ini Kompetisi Sepak bola Profesional tertinggi di indonesia masih berjalan, Namun dengan Nama kompetisi yang berbeda, Dari Liga Super Indonesia (ISL) berganti nama menjadi Liga 1.

Bagimana kalian sudah bergitu paham, dengan Sejarah singkat Ajang Kompetisi Sepak Bola di Indoensia, Namun itu sebenarnya belum seberapa masih ada Sejarah panjang Sepak Bola di Indoneisa, Mari baca Sejarah Lengkap Sepak Bola di Indoensia dari masa ke masa, Selidiki Sejarah Sepak Bola di Indonesia, Disini!

Saya sebenarnya disini tidak akan membahas tentang Sejarah, melainkan saya disini akan membahas tentang Tim atau Klub Sepakbola yang ada di Liga 1, bahas apa sih? Kali ini akan ada bahasan 10 Klub Tertua di Liga 1, Siapa ya yang kira kira paling Tua?..

Mari kita simak, Ulasan artikel kali ini..

1. Arema FC (11 Agustus 1987)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Klub dengan Nama lengkap Arema Football Club ini memiliki Julukan Singo Edan, Stadion yang biasanya digunakan untuk melakoni bergulirnya Kompetisi Liga 1 Adalah Stadion Kanjuruhan dengan Kapasitas 42.000

CEO dari Arema FC saat ini adalah Agus Soerjanto dan Menejer Tim Saat ini adalah Ruddy Widodo.

Arema FC melakoni debut nya d Liga 1 dibawah keplatihan Milomir Seslija dan Asisten pelatih Kuncoro dan Siswantoro, Arema FC juga memiliki kelompok Suporter yang Fanatik dimanapun Klubnya Bertanding, yaitu Aremania.

Untuk Prestasi Arema FC memiliki Catatan Prestasi yang Begitu Gemilang, Untuk liga Arema FC pernah menjadi Juara 1 dalam Kompetisi Galatama, Juara  ISL, Runner Up ISL, dan juga Juara 1 Kompetisi Divisi Satu Liga Indoensia. dan masih ada banyak lagi Prestasi-prestasi gemilang yang di cetak oleh Klub Berlogo Singa ini.

2. Semen Padang (30 November 1980)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Semen Padang FC adalah klub Sepakbola yang berasalh dari Padang, Sumatra Barat. Klub ini memiliki nama lengkap Semen Padang Football Club, dan memiliki Julukan Kabau Sirah (Kerbau Merah)

Semen Padang mempunyai Stadion yang digunakannya untuk mengarungi Liga satu, yatu GOR Haji Agus Salim dengan Kapasitas 20.000. 

Firdaus adalah Komisaris utama dari Semen Padang FC, dan Diriktur Utamanya adalah Rinold Thamrin, Kepala Pelatih saat ini yang ditugaskan untuk menangani Semen Padang di Liga 1 adalah Syafrianto Rusli

Semen Padang juga memiliki beberapa kelompok Suporter yang dinamakan Spartacks, The kmers, dan Ultras West Sumatra.

Semen padang FC Pernah mengukir beberapa Prestasi dan Rekor di beberapa ajang Kompetisi di indoensia, Seperti Juara 1 ISL (2011-1012), Juara 1 Divisi 1 galatama (1982), Runner Up Piala Indonesia (2012), Juara 1 Community Shield (2013), dan sebagainya.

3. PSS Sleman (20 Mei 1976)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Yang kali ini adalah Klub Yang berasal dari Yogyakarta, adalah PSS Sleman, Klub ini mempunyai nama lengkap sebagai Persatuan Sepak Bola Sleman dan memiliki Julukan Super Elang Jawa (Super Elja) dan juga Laskar Sembada

PSS Sleman pertama kali berdiri pada tahun 20 mei 1976 dengan Kepemilikan Klub PT Putra Sleman Sembada. Direktur Utama dari PSS Sleman saat ini adalah Soekeno dan Manager Retno Sukmawati. 

Klub dengan Julukan Super Elja kali ini melakoni Kompetisi Liga 1 di bawah kepelatihan Seto Nurdiantoro.  

PSS Sleman Berhomebase di Stadion Manguwoharjo dengan Kapasitas 35.000 Penonton, dan memiliki Kelompok Suporter yang Loyal dan fanatik, Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS).

Sebelumnya PSS Sleman berhasil menjadi Juara di Kompetisi Liga 2 tahun 2018 dan, Akhirnya pada 2019 ini PSS Sleman bisa melakoni debut pertamanya sebagai Tim Promosi ke Liga 1. 

Untuk prestasi dari Kompetisi pun, PSS Sleman ini juga memiliki catatan yang baik di ajang Kompetisi Liga di Indonesia, Seperti Juara 1 Divisi 2 DIY (1983 sampai 1991/1992 tidak termasuk tahun 1990/1991), Pernah juga Menjadi Runner Up di Indoensia Soccer Championship B (2016), Juara 1 Liga 2 (2018), dan masih banyak lagi Prestasi dan Rekor yang di catat oleh Super Elang Jawa dari masa ke masa.

4. Persela Lamongan (18 April 1967)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Klub dengan Nama Lengkap Persatuan Sepak Nola Lamongan ini adalah Klub yang bermarkas di Lamongan, Jawa Timur. Persela sendiri Dijuluki dengan sebutan Laskar Joko Tingkir dan Lele Glagah, Klub ini pertama kali didirikan pada 18 April 1967, dengan pemilik klub PT. Persela Jaya

Saat ini Persela Lamongan mempunyai CEO bernama Yuhronur Efendi dan Menejer Yunan Achmadi. Aji Santoso mempunyai tugas berat agar Persela bisa mencatatkan Prestasinya saat ini di Liga 1 ataupun Kompetisi lainnya. Persela Lamongan mempunyai Kelompok Suporter bernama LA MANIA dan Curva Boys 1967.

Stadion Surajaya Lamongan adalah Markas tempatnya Bertanding dan Mendapatkan dukungan penuh dari Suporternya.

Persela baru menunjukan eksistensinya di Pentas Sepak bola Indoensia pada 2003 silam, ketika pada waktu itu Persela berhasil Lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia (Kompetisi Sepakbola tertingi di Indoensia pada kala itu).

Untuk Prestasi, Persela selalu menorehkan namanya dengan Menjadi Juara 1 di Edisi Piala Gubernur Jawa Timur (2003 sampai 2012). Bukan hanya itu torehan positif juga diberikan bagi Persela U-21 di ajang kompetisi Liga Super Indonesia pada tdengan menjadi juara 1 pada 2011/2012 dan 2012/2013.

5. Persipura Jayapura (1963)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Klub Persipura mempunyai nama lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia jayapura. Persipura adalah klub yang bermarkas di Jayapura, Papua. Klub asal papua ini mempunyai Prestasi yang tinggi di Sejarah Ajang Kompetisi Liga indonesia yaitu pernah menjadi empat kali juara Liga Indonesia dari tahun 2005 sampai 2013. 

Julukan dari Persipura ini adalah Mutiara Hitam, Stadion yang digunakannya untuk mengarungi Kompetisi adalah Stadion mandala Jayapura yang memiliki kapasitas 40.000 penonton. 

Ketua umum dari Persipura adalah Benhur Tommy Mano dan sekertarisnya Thamrin Sagala

Pada saat ini Rudi Maswi adalah menejer dari Mutiara Hitam, dan ditangani oleh Pelatih berkebangsaan Brazil Luciano Leandro dan Asisten pelatih Toni Ho. Kelompok Suporter Klub Persipura adalah Persipura Mania atau The Comen's.

6. Persib bandung (14 Maret 1933)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Persib Bandung mempunyai Nama Lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung adalah salah satu Tim besar yang berdiri pada 14 maret 1933

Klub ini bermarkas di Bandung, Jawa barat. Persib mempunyai beberapa julukan, Seperti Maung Bandung, Pangeran Biru, dan juga Usab Perning

Saat ini Persib mempunyai 2 Stadion yang masih digunakannya seperti Gelora Bandung Lautan Api dan juga Stadion Si jalak Harupat

Untuk mengarungi Kompetisi Liga 1 saat ini Menejer persib Umuh Muchtar menunjuk Pelatih Robert Rene Alberts sebagai peracik strategi dari Maung Bandung. 

Kita tahu sendiri Persib Bandung adalah salah satu tim besar dengan Dukungan dari Suporter yang loyal dan fanatiknya (Bobotoh, Viking, Bomber), Mereka selalu mendukung Timnya berlaga dimanapun, ini menjadikan sebagi pemain ke dua belas, dan sebagai pemacu semangat bagi para pemain dilapangan. 

Kelompok Suporter Persib ini beberapa kali mendapatkan Predikat sebagai Suporter Terbaik.

Untuk Prestasi, Persib ternyata mempunyai Torehan yang gembilang di beberapa Kompetisi di Indonesia, Seperti Perserikatan, Persib selalu menjadi Juara dan Runner Up (Juara 5 kali dan Runner Up 8 kali) dari tahun 1933 sampai 1994. 

Dari Liga Indonesia punpersib juga punya torehan bagus, Yaitu pernah menjuarai Liga Indonesia (1995) dan juga Juara pertama (2014), dan masih banyak lagi Beberapa Prestasi yang diraih oleh Persib Bandung.

7. PSIS Semarang (18 Mei 1932)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Untuk yang nomer tujuh, Adalah klub yang mempunyai Julukan Laskar Mahesa jenar atau Laskar Bumi Atlas, Yaitu PSIS Semarang. Klub yang berasal dari Jawa Tengah tepatnya di Semarang ini adalah salah satu klub Pertama yang pernah menjadi Juara Divisi Utama pada tahun 1999.

Walau akhirnya Terdegradasi ke Divisi I pada musim berikutnya tepatnya pada 2000. PSIS Semarang ini mempunyai Nama Lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia Semarang, Yang sudah berdiri sejak 18 Mei 1932

PSIS Semarang mempunyai Stadion Jatidiri yang berlokasi di Semarang. Tapi Laskar Mahesa Jenar saat ini tidak menggunakan Stadion Jatidiri untuk mengarungi Kompetisi Liga 1, Melainkan saat ini PSIS Semarang Berhomebase di Stadion Moch Soebroto, di Magelang. 

Walau berlokasi di Magelang, Namun pada setiap Pertandingan yang dilaksanakan di Magelang, selalu sesak oleh pendukung PSIS Semarang Yaitu Panser Biru dan Snex Mania, Mereka selalu Loyal dan Fanatik mendukung Tim Kebangaannya berlaga. 

Pelatih PSIS Semarang Saat ini adalah Jafri Sastra, Misi berat ditugaskan kepada Jafri untuk membawa PSIS Menorehkan Prestasi di Kompetisi Sepak Bola Indonesia.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, PSIS Semarang pernah mengukir Prestasi tertinggi dengan Menjuarai Kompetisi Divisi Utama Perserikatan Tahun 1987. 

Namun PSIS Semarang juga pernah menjadi Juara di Ajang Liga Indonesia pada Tahun 1999, Pada tahun 2006 PSIS Berhasil mencapai tahap Final Liga Indonesia pada saat itu PSIS Semarang ditantang Persik Kediri di Stadion Manahan, Solo dan Akhirnya kalah di perppanjangan Waktu babak ke2 dengan itu PSIS Semarang berhasil menjadi Runner Up Liga Indoensia pada musim 2006 silam.

8. Persija Jakarta (28 November 1928)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Persija Jakarta mempunyai Nama Lengkap Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta, Yang bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, jakarta dengam Kapasitas penonton 78.000. 

Pemilik resmi dari Persija Jakarta ini adalah PT. Persija Jakarta Hebat, Saat ini Persija di Menejeri oleh Ardhi Tjahjoko, dan CEO nya adalah Ferry Paulus. Untuk Persiapan Kompetisi di Liga 1, Menejer Persija menunjuk Ivan Kolev sebagai Pelatih kepala di Klub ini.

Pada thun 2018 Persija mencetak Rekor dengan menjuarai Liga 1 Tahun 2018 dan juga Juara 1 Piala Presiden 2018 di Bawah keplatihan Stefano Cugurra Teco pada waktu itu.

Persija Jakarta mempunyai Fans Yang sangat Fanatik, Yatu The Jackmania, Jakmania sudah berdiri sejak Ligina IV Tepatnya pada 19 Desember 1997. Pertamanya Klub ini Bukan Bernama Persija namun Klub ini awalnya bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). 

Jejak Persija di Ajang Sepak Bola Indonesia sudah lama menorehkan catatan Apik sejak tahun 1931 (pada kala itu Persija berhasil menjuarai Perserikatan sebagai VIJ Jarakrta). 

Pada Kompetisi Utama Liga Indonesia, Persija Berhasil Menjadi Juara Liga Indonesia pada 2001 silam, Juga pernah menjadi Juara Liga 1 Musim 2018, Juga pernah menorehkan catatan apik di ajang Sepak bola internasional. 

Tepatnya pada tahun 1973 dengan menjadi Juara Quoch Khanh Saigon Cup di Vietnam, pernah juga menjadi Juara Brunei Invitation Cup di Brunei Darussalam pada tahun 2000 dan 2001.

9. Persebaya Surabaya (18 Juni 1927) 

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Persebaya Surabaya adalah klub Professional yang Berasal dari Jawa Timur tapatnya di Surabaya. Klub ini sudah malang melintang dikancah sepak bola Indonesia, Persebaya berdiri pada 18 Juni 1927 dengan nama awal Soerabajasche Indische Voetbal Bond (SIVB)

Klub Tertua ke2 di Kompetisi Liga 1 ini sempat di bekukan leh PSSI namun pada akhirnya kembali disahkan oleh PSSI Sebagai Anggota di Kongres tahunan PSSI Bandung tanggal 8 Januari 2017.

Klub ini mempunyai julukan Bajul ijo dan Green Force, yang saat ini Bermarkas di Stadion Gelora Bung Tomo dengan Kapasitas 55.000 Penonton. Pemilik dari Klub Bajul Ijo ini adalah PT. Persebaya Indonesia, dan Presiden Klubnya adalah Azrul Ananda

Saat ini persebaya ditangani Oleh Pelatih Djajang nurjaman dan juga Asisten Pelatih Bejo Sigiantoro. Pada tahun 2017 Persebaya berhasil menjadi Juara di Kompetisi liga 2 dan akhirnya Persebaya pun masuk sebagai Tim Promosi di Liga 1 pada tahun 2018.

Bonek, atau singkatan dari Bondho Nekat adalah Sekumpulan Suporter dari klub asal Surabaya ini, Loyalitas dan Totaitas selalu di pertunjukan oleh Bonek saat mendukung Tim Kebangaannya Persebaya Surabaya, Kesetiaan Bonek pada Tim Persebaya tak lekang oleh waktu. Tradisi Awaysdays selalu di lakukan oleh Bonek dimanapun Klubnya Bertanding.

Persebaya Surabaya juga mempunyai Catatan Di beberapa Kompetisi Sepak Bola Indonesia, Seperti menjadi Runer Up 9 kali dalam Pereserikatan, Pernah menjadi Juara 3 divisi satu pada 2003, 2006, dan 2017. Dan sebagainya.

10. PSM Makassar (2 November 1915)

klub sepak bola tertua di liga 1 2019

Klub pertama dan palin Tua di Liga satu Tahun 2019 adalah PSM Makassar, Klub ini mempunyai nama lengkap Persatuan Sepak Bola Makassar, PSM Makassar mempunyai Julukan Juku Eja (Ikan Merah), Pasukan Ramang dan juga Ayam Jantan dari Timur

Pada awalnya PSM Makassar ini berdiri dengan nama Makassar Voetbal Bond (MVB) pada 2 November 1915. Klub ini bermarkas di Stadion Andi Mattalatta, Makasar yang memiliki Kapasitas penonton 15.000.

Ketua Umum dari PSM Makassar saat ini adalah Munafari Arifuddin, Pada bergulirnya kompetisi Liga 1 2019 saat ini, PSM Makassar menunjuk Darije Kalazic untuk menangani skuat PSM pada Kompetisi Sepak Bola Indonesia dan Kompetisi Asia. pada tahun lalu PSM Berhasil menjadi Runner Up Liga 1 2018.

PSM Makassar merupakan klub sepakbola dengan Catatan Prestasi paling stabil di pentas Liga Sepak Bola indonesia, dengan menjadi Juara satu kali, Emat kali menjadi runner Up, dan hanya sekali gagal masuk dalam putaran Final. 

Klub Juku Eja julukan dari PSM Makassar juga memiliki Kelompok Suporter yang fanatik dan jumlahnya cukup banyak. Dengan memiliki 16 Kelompok Suporter (the Maczman, red Genk, Laskar Ayam Jantan, PSM Fans 1915, Ramang Mania, dan sebaginya)

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa PSM Makassar ini adalah klub dengan prestasi yang stabil di liga Indonesia, Dalam Liga Domestik PSM Makassar pernah menjadi Juara 6 kali, Runner up 8 kali, Thrid Plance 1 kali, dan berhasil masuk ke Semi final 2 kali. 

Dalam Piala Domestik pun PSM Makassar juga memiliki prestasi yang gemilang dengan menjadi Juara jusuf cup 7 kali, menjadi juara Soeharto Cup 1 kali, dan juga pernah menjadi Juara Habibie Cup 5 kali. 

Bukan hanya itu Dalam Kejuaraan Asia dan Internasional pun PSM Makassar juga memiliki Prestasi yang dibilang membangakan Indonesia, Pernah masuk ke Perempat Final 1 kali dalam Piala Winners Asia, Masuk ke Perempat Final Liga Champions AFC 1 kali, dan Pernah menjadi Juara 1 kali dalam Ho Chi Minh City Cup.

Penutup

Perkembangan sepak bola di indoensia memang sudah lama berkembang di Tanah Air, Klub-klub sepak bola di indonesia mulai bermunculan, dan yang paling tua di Liga Indonesia (Liga 1) adalah PSM Makasar yang didirikan pada 1915 silam. bagimana Klub Sepak Bola Dukungan kalian ada ngak di Daftar diatas?

Sekian pada Artikel Pembahasan Klub Tertua di Kompetisi Liga 1, Semoga bisa memberikan Wawasan bagi kalian tentang Perkembangan Sepak Bola di Indonesia. Terimaksih [putarmuter]
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response to "Mana Yang Paling Tua? ini Dia 10 Klub Sepak Bola Tertua di Liga 1 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel