7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol Dalam Mulut

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Jengkol adalah salah satu sayuran yang masih satu spesies dengan pete, Rasanya memang lezat dan menjadi salah satu favorit bagi penikmatnya, Tak heran banyak sekali kreasi jengkol yang ada di indonesia ini, Seperti Sumur jengkol, tumis jengkol, gulai jengkol, dan sebagainya.

Jengkol ini selain nikmat untuk di santap tapi juga memiliki segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan, Tapi disisi lain jengkol ini juga sering menimbulkan masalah setelah menyantapnya, contonya saja Bau mulut dan air seni yang di timbulkan setelah memakan jengkol.

Sebelum kalian baca lebih lanjut, Kalian tahu tidak kenapa makan jengkol menyebabkan bau? ini penjelasannya..

Pengertian

Pada jengkol ini terdapat senyawa yang mengandung sulfur yang dinamakan djengkolic acid atau bisa disebut asam jengkolat

Senyawa yang tersusun atas dua asam amino sistein yang diikat oleh satu gugus metil pada atom belerangnya, Nah asam inilah yang menyebabkan aroma tidak sedap pada air seni dan mulut.

Tapi hati-hati jangan terlalu banyak makan jengkol, karena ada penyakit yang mengakibatkan kejengkolan (salah satu penyakit yang disebabkan karena terlalu banyak makan jengkol), penyakit ini akan meyebabkan air kencing anda akan membentuk semacam kristal dan akan sakit ketika dikeluarkan.

Tapi biasanya bau mulut yang disebabkan oleh jengkol tidak permanen menempel di mulut dan air seni, bau yang ditimbulkan hanyalah sementara. 

Tapi biasanya orang yang menyatap jengkol ingin lekas mulut mereka hilang dari bau menyengat itu, gengsi yang diakibatkan oleh bau mulut ini memang sudah terbiasa, apalagi jika teman kalian menjahui kalian hanya karena bau mulut yang disebabkan jengkol.

Resah dan ingin segera menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh jengkol ini, Ada beberapa cara ampuh dan alami yang sering digunakan untuk membasmi bau mulut yang diakibatkan oleh jengkol. Penasaran? Simak ulasan berikut ini..

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Jengkol

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Mungkin bagi kalian pengemar jengkol akan sedikit ragu dan heran, dengan beberapa cara dibawah ini, Tapi jangan pernah berprasangka kalau belum  mencoba. 

Coba kalian mempraktekkan kumpulan cara alami dan efektif dibawah ini yang terbukti bisa mengatasi bau mulut yang diakibatkan oleh jengkol. Let's Start

1. Mengkunyah Permen Karet

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Coba deh kalian mencoba untuk mengunyah permen karet, aroma yang ditimbulkan dari permen karet akan membuat bau mulut yang diakibatkan oleh jengkol akan hilang, Biasanya permen karet dikunyah dalam waktu yang lumayan cukup lama sampai rasanya habis.

Rasa yang terdapat didalam permen karet akan diserap oleh mulut dan lidah kalian, oleh karena itu aroma tidak sedap dari jengkol akan hilang seketika. 

Usahakan untuk memilih permen karet yang memiliki rasa peppermint atau juga bisa menthol, tapi kalau tidak ada kalian bisa saja memilih dengan rasa buah.

2. Mengkunyah Garam

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Jangan heran hanya dengan Garam pun bau mulut yang disebabkan olehjengkol akan hilang dengan alami, Menkunyah kagam meruapakan salah satu cara paling cepat dan ampuh untuk menghilangkan bau jengkol. 

Walaupun nanti akan terasa asin dalam lidah tapi jangan herankan manfaat yang akan kalian dapat nantinya.

Cukup sedikit garam saja yang bisa kalian gunakan untuk membasmi bau mulut, garam ini bisa meningatkan produksi air liur dalam mulut yang bisa menetralisir air liur yang sebelumnya bau menjadi tidak bau dan segar kembali, dengan itu maka akan bertambah kadar air didalam mulut dan pelan-pelan aroma bau itu akan hilang.

3. Minum susu

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Yang berikutnya adalah dengan meminum susu, Cara yang ini juga dibilang sangat ampuh dan efektif dalam menghilangkan bau jengkol yang telah menguasai mulut. Susu ini sudah sejak dari dulu dikenal memiliki sifat yang netral. 

Aroma mulut yang tidak sedap karena jengkol ini bisa dinetralkan hanya dengan meminum susu, Kenapa ini bisa terjadi? karena kandungan senyawa allyl sulfida metil yang terdapat didalam susu akan menjadi salah satu bantuan menghilangkan aroma tak sedap yang diakibatkan oleh jengkol.

Kalian bisa mengatasinya dengan cara menyeduh susu kental manis yang bisa dikosumsi setelah memakan jengkol, atau juga bisa dengan cara berkumur-kumur dengan susu setelah memakan jengkol, gunanya ini untuk membersihkan sisa-sisa yang terdapat dalam mulut atau ronga mulut.

4. Banyak Minum Air


Mungkin kalian akan heran dengan cara ini, mana bisa air putih bisa hilangkan bau mulut. Begini dengan kalian minum air putih perlahan dahaga kalian akan hilang dan juga ronga mulut akan terbasuh dengan air.

Dengan begitu jika sering meminum air maka semakin sering juga kalian membasuh sisa-sisa jengkol di rongga mulut kalian.

Cara ini juga termasuk cara efektif, Dengan meminum banyak air ini akan mempengaruhi penyerapan senyawa kimia yang terdapat di jengkol pada urin, maka dari itu kadar senyawa yang terdapat didalam jengkol akan berkurang dan bau jengkol pada mulut akan hilang sedikit demi sedikit.

5. Mengkunyah Beras

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Mungkin cara yang satu ini terbilang konyol ya, Tapi jangan heran cara ini memang benar-benar efektif dan ampuh untuk menghilangkan bau mulut yang diakibatkan oleh jengkol. 

mengkunyah beras berbeda dengan mengkunyah nasi, tak disangka bagi kalian penikmat jengkol akan sangat terbantu sekali dengan adanya beras, tentunya beras sudah tersedia lah didalam rumah kalian semua, jadi cara ini juga termasuk cara gampang.

Setelah kalian memakan jengkol, cobalah untuk mengkunyah 1 sampai 2 sendok beras yang sudah dihaluskan agar bisa ditelan. 

Kalian bisa menambahkan takaran sendok jika bau mulut akibat jengkol masih menguasai mulut kalian. Cara ini sudah sangat populer dan diyakini ampuh di indonesia.

6. Cobalah Menggosok Gigi dan Berkumur

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Cara yang satu ini sering dilakukan kebanyakan orang sekarang, tapi memang cara satu ini tidak begitub efektif menghilangkan bau jengkol didalam mulut. 

Tetapi mengosok gigi dan berkumur-kumur dengan aroma mint setelah mengkosumsi jengkol sangat membantu menghilangkan sedikit demi seikit bau menyengat yang ditimbulkan oleh jengkol.

Cara dengan menggosok dan berkumur ini memang bisa mempengaruhi bau mulut yang disebabkan oleh jengkol, tapi tidak untuk bau yang terdapat di urin, karena ini hanya bisa menetralisir bau didalam mulut saja.

7. Dengan Vitamin B

cara menghilangkan bau jengkol dalam mulut

Menurut testimoni dari para penggemar jengkol, mereka beranggapan bahwa dengan mengkosumsi vitamin B Kompleks bau mulut yang disebabkan oleh jengkol akan hilang dan memang cara ini di yakini efektif.

Kalian bisa mendapatkan Vitamin B yang dijual secara bebas di apotik terdekat. Dengan mengkosumsi Vitamin B kalian akan medapatkan manfaat luar biasa seperti contoh Tubuh akan jauh lebih sehat, bau urin akan berkurang, bau badan akan berkurang, dan Bau mulut akan hilang. 

cara ini memang sudah terbukti efektivitas nya, maka dari itu silahkan coba cara ke-7 ini.

Baca Juga :

Manfaat Luar Biasa menggunakan Lidah Buaya untuk Kesehatan, Wajah, dan Kulit

Kesimpulan

Walaupun akan menyebabkan bau yang tidak sedap tetapi jengkol ini seolah-olah sudah menjadi primadona bagi penggemarnya, tidak bisa dipisahkan lagi kelezatan dan kenikmatan dari jengkol. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara yang memang sudah dibuktikan ampuh untuk menghilangkan bau mulut, tetapi saya hanya merangkum beberapa saja.

Semoga kalian bisa mencakup informasi diatas agar bisa memberikan manfaat bagi kalian, silahkan mencoba dan mempraktekkan cara ampuh diatas kalau memang kalian berminat.

Jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan, Silahkan Bagikan Postingan ini jika sekiranya artikel yang kalian baca bisa bermanfaat dan mengedukasi kalian, Terimakasih dan selalu Dukung kami. [putarmuter]

0 Response to "7 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol Dalam Mulut "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel